Pelabuhan Ketapang Dibuka Usai Nyepi, Antrean Kendaraan Terjadi Sejak Dinihari

Ardian Fanani - detikNews
Senin, 15 Mar 2021 08:25 WIB
Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi kembali dibuka setelah nyepi
Pelabuhan Ketapang Banyuwangi kembali dibuka setelah nyepi (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Setelah ditutup total selama perayaan Hari Raya Nyepi 2021 tahun baru Shaka 1943 di Bali, Pelabuhan ASDP Ketapang, Banyuwangi Jawa Timur, kembali dibuka. Ratusan kendaraan yang menyeberang ke Bali sudah memadati area pelabuhan sejak dini hari.

Pelayanan penyeberangan dilakukan pada pukul 05.00 WIB, Senin (15/3/2021). Areal parkir Pelabuhan Ketapang Banyuwangi penuh sejak pukul 01.00 WIB. Pengguna jasa penyeberangan berharap lebih awal menyeberang ke Bali.

"Saya mulai jam 1 (dinihari) tadi saya antre. Pengen paling pertama saja ke Bali," ujar Maji Ahmad (56) sopir truk ekspedisi kepada detikcom.

Menurut Maji, dirinya sengaja antre awal, karena tak mau terjebak macet seperti tahun-tahun sebelumnya.

Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi kembali dibuka setelah nyepiPelabuhan Ketapang Banyuwangi kembali dibuka/ Foto: Ardian Fanani

"Takut kena macet. Karena beberapa tahun lalu sempat sampai seharian di Ketapang belum bisa menyeberang," tambahnya.

Hal yang sama diungkapkan oleh Aifudin, bersama dengan keluarganya dirinya segera ingin pulang ke perantauan. Pada Hari Raya Nyepi, dirinya sengaja pulang ke Banyuwangi hanya untuk menghindari Nyepi.

"Karena Nyepi akhirnya mudik. Karena kalau Nyepi di sana kita tidak bisa melakukan apa-apa," tambahnya.

Antrean panjang memang terjadi pada dinihari sebelum masuk ke areal pelabuhan. Tiket masuk untuk penyeberangan ke Bali dibuka oleh pihak ASDP Ketapang pukul 03.00 WIB. Sementara hingga saat ini antrean masih saja terjadi, namun tidak mengganggu aktivitas arus lau lintas di depan Pelabuhan ASDP Ketapang.

(fat/fat)