Jelang Nyepi, Pura Luhur Dwijawarsa Kota Malang Disemprot Disinfektan

Muhammad Aminudin - detikNews
Sabtu, 13 Mar 2021 17:50 WIB
Penyemprotan desinfektan di Pura Luhur Dwijawarsa
Penyemprotan desinfektan di Pura Luhur Dwijawarsa/Foto: Istimewa (Dok FKAUB Kota Malang)
Malang -

Jelang perayaan Hari Raya Nyepi 2021, pura di Kota Malang disemprot disinfektan untuk mencegah sebaran virus COVID-19. Sterilisasi oleh Forum Kerumunan Antar Umat Beragama (FKAUB) Kota Malang digelar di Pura Luhur Dwijawarsa di Kelurahan Buring, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

Sekretaris FKAUB Kota Malang, David Tobing mengatakan, penyemprotan desinfektan demi mencegah sebaran virus COVID-19, pura sebagai pusat ibadat umat Hindu saat perayaan Nyepi harus betul-betul steril.

"Komitmen dari FKAUB untuk terus senantiasa memupuk, memelihara dan menjaga kerukunan untuk mencapai tujuan Kota Malang pluralis," ujar David kepada wartawan di Pura Luhur Dwijawarsa, Sabtu (13/3/2021).

"Kami upayakan dengan berbagai cara. Kebetulan ada program pemerintah untuk memutus penyebaran COVID-19 ini dengan cara penyemprotan disinfektan," sambungnya.

Langkah sterilisasi dengan penyemprotan desinfektan untuk mewujudkan plurarisme. Karena dalam kegiatan tersebut juga diikuti umat Islam, Kristen, Katolik, dan juga umat Hindu.

"Beberapa organisasi juga terlibat, seperti KNPI, Kosgoro, dan Bhayangkara," tutur David.