Toko Emas di Banyuwangi Dirampok, 3,7 Kg Perhiasan Raib

Ardian Fanani - detikNews
Jumat, 12 Mar 2021 23:40 WIB
Sebuah toko emas di Kecamatan Genteng Banyuwangi dirampok 4 pria tak dikenal. Sebanyak 3,7 kilogram emas mereka rampas dari toko tersebut.
Rekaman CCTV/Foto: Istimewa
Banyuwangi - Sebuah toko emas di Kecamatan Genteng, Banyuwangi dirampok 4 pria. Sebanyak 3,7 kilogram emas mereka rampas dari toko tersebut.

Toko tersebut yakni Toko Emas Wangi yang berada di Jalan Gajah Mada. Aksi perampokan itu terekam CCTV toko dan sudah dilaporkan ke aparat kepolisian.

Empat pelaku terekam saat masuk ke dalam toko dari pintu samping. Terlihat dalam CCTV itu, satu pegawai wanita menghalangi aksi 4 pelaku. Kemudian pelaku langsung mengambil perhiasan emas di etalase toko itu. Pegawai toko yang kebanyakan perempuan tak bisa berbuat banyak saat aksi perampokan terjadi pada sore tadi.

"Ada 4 pria setelah kami suruh duduk dulu tiba-tiba dia masuk ke toko. Padahal tadi pintu sudah kami adang. Tapi mereka merangsek masuk ke dalam toko," ujar Hestin, salah seorang pegawai toko kepada wartawan, Jumat (12/3/2021).

Pegawai toko, kata Hestin, sempat melarang aksi perampokan itu. Namun karena pegawai toko diancam akan ditembak, dengan leluasa keempat pelaku mengambil emas yang berada di etalase.

"Tiga orang mengambil emas. Yang satu berjaga dan mengancam akan menembak kepala saya waktu itu," tambahnya.

Sementara pemilik Toko Emas Wangi, Muhamad Hasan mengaku telah melaporkan aksi perampokan ini ke aparat kepolisian. "Sudah saya laporkan ke aparat kepolisian Polsek Genteng," tambahnya.

Hasan juga menyampaikan, sebanyak 3,7 kilogram perhiasan emas dirampok. "Ya sekitar Rp 2 miliar lebih kerugian saya. Kami mohon aparat kepolisian memberikan keadilan kepada kami," tambahnya.

Kapolsek Genteng AKP Sudarmaji membenarkan adanya laporan aksi perampokan ini. Pihaknya saat ini masih melakukan penyelidikan atas kasus di toko emas itu. "Kita masih lidik," ujarnya singkat. (sun/bdh)