Ada Posyandu Kucing di Lamongan yang Akan Rutin Digelar

Eko Sudjarwo - detikNews
Jumat, 12 Mar 2021 10:46 WIB
Untuk Anda pencinta kucing atau yang memelihara kucing, ada posyandu kucing di Lamongan. Seperti apa posyandu tersebut?
Posyandu Kucing di Lamongan/Foto: Eko Sudjarwo/detikcom
Lamongan -

Untuk Anda pencinta kucing atau yang memelihara kucing, ada posyandu kucing di Lamongan. Seperti apa posyandu tersebut?

Puluhan pencinta kucing mendatangi Posyandu Kucing Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Lamongan, yang digelar di Perumahan Demangan Residence Lamongan. Sambil membawa kucing kesayangan, mereka mendaftarkan diri terlebih dahulu, sebelum masuk untuk memeriksakan hewan peliharaan.

"Di Lamongan mulai banyak yang menyukai kucing atau pencinta kucing. Sehingga kami menginisiasi Posyandu Kucing ini agar masyarakat juga bisa paham bahaya penyakit dan penularan pada kucing," kata Kepala Disnakeswan Lamongan Sukriyah kepada wartawan di sela-sela kegiatan Posyandu Kucing, Jumat (5/3/2021).

Setelah terdaftar sebagai peserta Posyandu, para pencinta kucing itu mengantre di tempat duduk yang sudah disediakan. Tiba gilirannya, pencinta kucing kemudian melakukan penimbangan terhadap hewan kesayangannya itu, sebelum petugas kesehatan hewan yaitu dokter hewan dan asisten mereka, bekerja menangani kucing-kucing yang lucu itu.

"Kucing-kucing ini ditimbang terlebih dahulu dengan timbangan digital. Setelah itu, petugas memeriksa kesehatan kucing," terangnya.

Untuk Anda pencinta kucing atau yang memelihara kucing, ada posyandu kucing di Lamongan. Seperti apa posyandu tersebut?Posyandu Kucing di Lamongan Foto: Eko Sudjarwo/detikcom

Selesai memeriksa kondisi peliharaan itu, lanjut Sukriyah, kucing yang dinyatakan sehat tetap diberi vitamin dan vaksin agar tak mudah terserang penyakit. Dari pemeriksaan yang dibuka gratis ini, lebih dari 40 ekor kucing dinyatakan sehat dan tidak mengalami sakit yang membahayakan.

"Pelayanan pemeriksaan dan pemberian vitamin kami berikan gratis dan akan kami gelar rutin agar kucing tidak menulari penyakit kepada pemeliharanya atau zoonosis," imbuhnya.

"Di Posyandu Kucing ini kami juga memberikan pemahaman terkait penyakit kucing dan penularan serta pencegahannya," lanjutnya.

Sukriyah menambahkan, melihat antusiasme pencinta kucing di Lamongan dan makin banyaknya pencinta dan komunitas pencinta kucing di Kota Soto, pihaknya juga berencana me-launching klinik khusus hewan peliharaan di kantor Disnakeswan Lamongan. Sukriyah menyebut, untuk mencegah dan mengantisipasi adanya penularan penyakit kucing terhadap sesama dan pemeliharanya diperlukan pemeriksaan, pemberian vitamin dan penanganan parasit-parasit secara rutin.

"Jadi Posyandu Kucing ini akan kami gelar setiap bulan secara rutin dan gratis buat para pencinta kucing. Insyaallah selanjutnya nanti akan digelar pada 19 Maret di Kantor Disnakeswan," terang Sukriyah seperti saat dikonfirmasi detikcom, Jumat (12/3/2021).

Simak juga 'Fakta Seputar Munchkin, Ras Kucing Kaki Terpendek di Dunia':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2