Camat di Blitar Bikin Konsep Keren, Bersedekah Sekaligus Putar Roda Ekonomi

Erliana Riady - detikNews
Jumat, 12 Mar 2021 09:53 WIB
Camat di Blitar Bersedekah Sekaligus Memutar Roda Ekonomi Pedagang Makanan
Borong makanan PKL untuk bersedekah (Foto: Erliana Riady/detikcom)
Blitar -

Camat Kepanjenkidul, Blitar memiliki konsep memutar roda perekonomian pedagang makanan. Konsep itu yakni bersedekah atau Jumat berbagi dengan memborong makanan.

Jumat (5/3) lalu, pegawai kecamatan memborong 50 porsi dari pedagang nasi kuning di Jalan Soekarno. Mereka lalu membagikan kepada warga dan petugas sampah di TPS Sampah Tanggung, Ngadirejo, Bendo dan TPS sampah Kepanjenkidul.

Hari ini, Jumat (12/3/2021), pedagang soto ayam di Jalan Mastrip menggratiskan dagangannya untuk tukang becak yang mangkal di sekitar Pasar Wage Kota Blitar. Para tukang becak itu, juga woro-woro kepada pedagang atau mereka yang butuh sarapan untuk datang ke lapak soto ayam milik Ida ini.

Semua pedagang makanan, tak hanya Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kecamatan Kepanjenkidul secara bergantian akan mendapatkan giliran itu. Karena ini kegiatan amal, tentu saja bagi pedagang yang berniat berpartisipasi tanpa ada paksaan.

Penggagas konsep bersedekah ini adalah Camat Kepanjenkidul, Parminto. Jika sebelumnya Parminto biasa membagikan nasi bungkus sendirian sambil sambang ke warga. Namun sejak adanya kenaikan tunjangan gaji pegawai kecamatan, dia mengajak semua pegawainya ikut bersedekah dengan berbagi makanan kepada warga menengah ke bawah.

Simak juga 'Gerabah Blitar Warisan Majapahit':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2