Hanya Tinggal Diaspal, Akses Jalan Batu-Kediri yang Sempat Ambles Siap Dibuka

Muhammad Aminudin - detikNews
Kamis, 11 Mar 2021 17:23 WIB
jalan ambles di malang
Jalan yang bahunya sempat ambles kini telah selesai diperbaiki (Foto: Muhammad Aminudin)
Malang -

Perbaikan jalan ambles di Dusun Lebaksari, Desa Ngroto, Pujon, Kabupaten Malang, rampung. Finalisasi perbaikan tinggal menunggu pelapisan aspal di atas badan jalan.

"Perbaikan jalan sudah hampir final. Tinggal pelapisan aspal saja," kata Kapolsek Pujon AKP Supriyanto saat dikonfirmasi detikcom dalam sambungan telpon, Kamis (11/3/2021).

Menurut Supriyanto, rencana awal hari ini akses jalur Batu-Kediri itu sudah kembali dibuka, baik untuk roda dua maupun roda empat. Akan tetapi, masih menunggu pengiriman aspal.

"Tinggal nunggu pengiriman aspal dari penyedia. Alat berat sudah berada di lokasi untuk mempercepat pengerjaan," tuturnya.

Cuaca tengah diguyur hujan sejak siang tadi, menjadi pertimbangan untuk menunda akses jalan bisa dilalui kendaraan roda empat.

"Saat ini hujan deras, hasil koordinasi dengan pelaksana proyek masih belum bisa dilalui," beber Supriyanto.

Terhitung hampir empat hari lamanya, akses jalan ditutup dan hanya bisa dilalui kendaraan roda dua saja. Perbaikan jalan ambles ternyata lebih cepat dari rencana awal yang membutuhkan waktu 10 hari sejak jalan ambles semakin parah.

Seperti diberitakan, jalan ambles di Desa Ngroto, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, memutus jalur Batu-Kediri disebabkan dua faktor. Yakni, plensengan di bahu jalan tergerus air sungai dan munculnya resapan air dibawah badan jalan. Keduanya mengakibatkan konstruksi jalan sangat labil.

(iwd/iwd)