Jembatan Antarkecamatan Putus Diterjang Lahar Gunung Semeru, Ini Upaya Warga

Nur Hadi Wicaksono - detikNews
Rabu, 10 Mar 2021 11:42 WIB
Sebuah jembatan penghubung antarkecamatan putus diterjang banjir lahar Gunung Semeru. Kini warga membuat jembatan darurat.
Jembatan penghubung antarkecamatan yang putus diterjang banjir lahar Gunung Semeru/Foto: Nur Hadi Wicaksono/detikcom
Lumajang -

Sebuah jembatan penghubung antarkecamatan putus diterjang banjir lahar Gunung Semeru. Kini warga membuat jembatan darurat.

Jembatan Sungai Mujur yang berada di Desa Gesang, Kecamatan Tempeh itu putus pada Minggu (28/2) dini hari. Jembatan tersebut menghubungkan Kecamatan Pasirian dan Tempeh.

Jembatan putus itu membuat aktivitas warga terganggu. Akhirnya, warga Desa Gesang secara swadaya membangun jembatan darurat dari bambu.

Jembatan bambu sepanjang 40 meter dengan lebar satu meter tersebut dibangun tak jauh dari jembatan yang putus. Pembangunan jembatan darurat membutuhkan waktu sekitar lima hari.

"Pembangunan jembatan darurat dari bambu ini dilakukan secara swadaya oleh masyarakat, setelah jembatan penghubung Kecamatan Pasirian-Tempeh ambruk usai diterjang banjir lahar Gunung Semeru," ujar salah seorang warga Desa Gesang, Yasin kepada detikcom, Rabu (10/3/2021).

Jembatan darurat tersebut hanya bisa dilalui kendaraan roda dua secara bergantian, serta pejalan kaki. Masyarakat merasa sangat terbantu dengan kehadiran jembatan darurat tersebut. Meski masih merasa waswas karena arus sungai masih deras.

"Meskipun agak takut lewat jembatan darurat dari ini. Namun sangat membantu daripada harus memutar arah yang cukup jauh," ujar pengguna jalan, Andriawan.

"Saya dari Gesang mau ke Pasirian lewat jembatan darurat ini daripada memutar arah. Jembatan ini sangat membantu masyarakat yang mau ke Pasirian-Tempeh maupun sebaliknya," imbuh pengguna jalan yang lain, Yoyok.

Warga berharap pemerintah segera memperbaiki jembatan Sungai Mujur yang putus diterjang banjir lahar Gunung Semeru, secara permanen. Sehingga aktivitas warga tidak terganggu.

(sun/bdh)