Round-Up

Setoran Bandar Narkoba Bikin Nasib 3 Oknum Polisi di Surabaya di Ujung Tanduk

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 10 Mar 2021 10:43 WIB
Ali Usman
Ali Usman (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Surabaya -

Pengakuan seorang bandar narkoba membuat tiga oknum polisi di Surabaya terungkap bobroknya. Oknum tersebut ternyata selama ini telah menerima suap alias setoran bandar narkoba tersebut.

Sudah enam bulan setoran bandar narkoba itu diterima. Dengan setoran tersebut, bandar narkoba ini bebas memasok dan mengedarkan sendiri barang haramnya.

Bandar sekaligus pengedar narkoba ini adalah Ali Usman (30), warga Jalan Sidotopo Jaya, Surabaya. Ali biasa memasok narkoba di kawasan gang wayang di Semampir seperti Jalan Bolodewo dan Jalan Kunti.

Ali memberikan uang ke oknum polisi untuk melanggengkan bisnis narkobanya. Ia selalu memberikan sejumlah uang kepada oknum polisi dengan istilah 'japrem' sebesar Rp 500 ribu-Rp 1 juta setiap amplop.

"iya, (memberi amplop) japrem (jatah preman). Rp 1 juta, Rp 500 ribu," kata Ali di hadapan media saat rilis di Polrestabes Surabaya, Selasa (9/3/2021).

Ali mengaku memberikan setoran amplop berisi uang kepada oknum polisi untuk jatah per bulan. Jatah tersebut biasa ia berikan di dekat sekolah di kawasan Ampel. Dan japrem itu sudah berjalan selama enam bulan.

"Di sekolah di Ampel, sudah enam bulan, biar aman. Iya (polisi sekitar situ)," ungkap Ali.

Kepada oknum polisi tersebut, Ali secara terus terang mengaku bahwa ia adalah bandar dan pengedar narkoba. Konsekuensinya adalah ia secara rutin per bulan harus menyetor sejumlah uang kepada para oknum tersebut.

Simak video 'Viral Oknum Polisi Siram Sopir Bus Dengan Miras di Ambon':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2