Banjir Lahar Semeru Bawa Material Vulkanis Berkah Penambang Pasir Lumajang

Nur Hadi Wicaksono - detikNews
Selasa, 09 Mar 2021 11:09 WIB
LAHAR GUNUNG SEMERU MEMBAWA BERKAH BAGI PARA PENAMBANG PASIR DI LUMAJANG
Penambang pasir usai bencana lahar Semeru (Foto: Nur Hadi Wicaksono/detikcom)
Lumajang -

Bencana banjir lahar hujan Gunung Semeru rupanya membawa berkah bagi para penambang pasir dan batu di sejumlah Daerah Aliran Sungai di Lumajang, Jawa Timur. Material vulkanis berupa pasir dan batu yang terbawa arus banjir lahar hujan menjadi nilai ekonomis bagi warga yang bekerja sebagai penambang.

Seperti pantauan detikcom pagi ini, Selasa (9/3/2021). warga Desa Sumber Wuluh Kecamatan Candipuro Lumajang yang bekerja sebagai penambang beramai-ramai mulai mendatangi Sungai Renteng, desa setempat untuk melakukan aktivitas.

Dengan membawa peralatan sederhana seperti sekrop, para penambang mengumpulkan pasir dan batu di sungai tersebut. Pasir yang sudah terkumpul selanjutnya dinaikkan ke dalam truk. Dalam satu hari, penambang bisa mengumpulkan 5-6 truk pasir. Kalau tidak ada banjir, penambang hanya bisa mendapat satu hingga dua truk saja.

"Banjir lahar Gunung Semeru selain menjadi bencana juga membawa berkah bagi para penambang. Satu hari bisa dapat 5-6 truk kalau tidak ada banjir 1- 2 saja," ujar salah satu penambang Ahmad Jarno kepada detikcom, Selasa (9/3/2021).

Melimpahnya pasir dan batu di sungai ini, setelah banjir lahar hujan Gunung Semeru menerjang sejumlah daerah aliran sungai. Di antaranya Sungai Renteng yang berhulu dari Gunung Semeru.

Simak juga 'Mobil Terseret Lahar Dingin Semeru, BPBD: Tak Ada Korban Jiwa':

[Gambas:Video 20detik]