Polisi Gulung Sindikat Dolar Palsu Senilai Rp 21 M, Dua Pengedarnya Diamankan

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Senin, 08 Mar 2021 23:37 WIB
dolar palsu
Dolar palsu senilai Rp 21 miliar diamankan (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Surabaya - Polisi membongkar sindikat dolar palsu. Polisi mengamankan dolar Amerika palsu sebanyak 15 ribu lembar pecahan 100 dolar atau senilai Rp 21 miliar.

Dua pelaku adalah Wayan Widana (42) dan Sang Made Jamin (56). Keduanya asal Bali. Kedua pelaku diamankan di Jalan Penghela, Surabaya pada 21 Desember lalu.

"Terungkapnya yang bersangkutan (kedua pelaku) mau mencoba memasukkan ke bank. Namun tidak berhasil," kata Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya AKBP Oki Ahadian saat rilis di Mapolrestabes Surabaya, Senin (8/3/2021).

Oki menambahkan saat pelaku mau memasukkan uang dolarnya ke salah satu bank, petugas bank yang curiga akhirnya melakukan pemeriksaan. Dan ternyata benar, uang dolar tersebut palsu, kemudian petugas menghubungi pihak kepolisian.

dolar palsuDua pelaku diamankan (Foto: Deny Prastyo Utomo)

"Uang ini mau dimasukkan ke bank, dari pengakuan tersangka mau ditukar dengan surat berharga, obligasi atau apa," ujar Oki.

Sementara itu Wakasat Reskrim Polrestabes Surabaya Kompol Abumka Yudha mengatakan kedua pelaku awalnya membawa dolar Amerika palsu pecahan 100 dolar dari Bali atas suruhan pelaku lain berinisial AA di Surabaya. Mereka membawa dolar palsu dengan menempuh jalur darat.

"Jadi, mereka ini mengaku disuruh temannya untuk mengantarkan uang dolar palsu ke Surabaya. Karena temannya itu mengaku punya kenalan pihak bank. Mereka naik pesawat, sedangkan uang dolar palsunya dikirim melalui jalur darat," jelas Ambuka.

Selanjutnya
Halaman
1 2