Tukang Becak di Lamongan Temukan Pistol dan 37 Peluru Terbungkus Plastik

Eko Sudjarwo - detikNews
Senin, 08 Mar 2021 12:41 WIB
penemuan pistol di lamongan
Di pojok jembatan itu pistol dan puluhan peluru tersebut ditemukan (Foto: Eko Sudjarwo)
Lamongan - Pasar Ikan Lamongan dihebohkan dengan temuan pistol berikut puluhan butir peluru. Pistol tersebut ditemukan oleh tukang becak yang biasa mangkal di pertigaan jembatan di depan pasar ikan Lamongan.

Tukang becak yang menemukan pistol tersebut adalah Hari (66), warga Kembangbahu. Hari menemukan pistol berikut pelurunya di mulut jembatan depan pasar ikan Lamongan pada Senin (8/3/2021) dalam keadaan terbungkus tas plastik kresek.

"Semula saya kira itu makanan, pas saya buka dengan cara merobek plastiknya ternyata isinya pistol," kata Hari pada wartawan, Senin (8/3/2021).

Hari mengaku ia tidak menyangka kalau barang yang ditemukan dalam tas kresek warna hitam itu adalah pistol. Pasalnya, kata Hari, menemukan bungkusan di pasar adalah hal yang biasa saja dan umumnya bungkusan itu berupa makanan yang dibuang pemiliknya.

"Barang itu teronggok di sana (sambil menunjuk sisi jembatan pasar ikan)," tunjuknya.

Melihat temuannya bukan sesuatu yang biasa, Hari kemudian memberitahu rekan-rekannya sesama tukang becak dan melaporkan temuannya itu ke Polres Lamongan. Selagi Hari melapor temuan tersebut ke Polres, pistol temuannya itu dibiarkan di lokasi awal dengan diawasi tukang becak lainnya yang biasa mangkal di tempat itu.

Anggota Satreskrim Unit 1 Pidum dan Tim Inavis dipimpin KBO Reskrim Polres Lamongan, Iptu Turkhan Badri pun langsung menuju lokasi tempat ditemukannya pistol. Dari penyelidikan awal, senjata laras pendek temuan Hari tersebut tidak termasuk senjata milik TNI maupun Polri.

"Senjata rakitan," kata Turkhan kepada wartawan.

Turkhan mengaku belum bisa menyimpulkan terkait pistol tersebut, termasuk siapa pemilik senjata ini juga belum diketahui. Pistol itu ditemukan bersama 37 butir peluru dan juga kabel warna merah.

"Kami masih meminta keterangan para saksi, termasuk yang menemukan senjata ini," pungkasnya. (iwd/iwd)