Fenomena Truk Oleng Jadi Cuan di Tangan Pria Ini, Omzetnya Tembus Rp 20 Juta

Charoline Pebrianti - detikNews
Minggu, 07 Mar 2021 09:05 WIB
truk oleng
Omzet mainan truk oleng ini capai Rp 20 juta per bulan (Foto: Charoline Pebrianti)
Ponorogo -

Fenomena truk oleng membuat Arif Budianto memanfaatkannya dari segi bisnis. Tetapi truk oleng yang digagas Arif ini sama sekali tak berbahaya.

Pria yang akrab disapa Anto ini memanfaatkan fenomena truk oleng itu berwujud sebuah mainan. Meski baru dua bulan berjalan, bisnis ini mampu beromzet Rp 20 juta per bulan.

Untuk membuat truk oleng, Anto memilih merekrut siswa SMK yang saat ini hanya mengikuti sekolah online. Total ada enam siswa yang membantu Anto membuat mainan truk oleng.

"Awalnya coba dulu saya pasarkan di media sosial FB, IG, ternyata responnya bagus terus banyak permintaan. Ini sampai kewalahan," kata Anto kepada wartawan saat ditemui di rumahnya di Jalan Wilis, Ponorogo, Minggu (7/3/2021).

Anto menambahkan saat ini memang sedang tren truk oleng di media sosial. Satu bulan terakhir permintaan membludak.

truk olengFoto: Charoline Pebrianti

"Pemasarannya online sekarang banyak yang minta kiriman dari Bandung, Solo, Wonogiri, Yogyakarta. Kebanyakan ke Jateng," imbuh Anto.

Dalam sehari, Anto mengaku bisa memproduksi 15 unit truk oleng. Untuk prosesnya bertahap mulai dari membuat roda, kerangka, bak truk, kepala truk hingga merangkai.

"Bahan mudah, kayu mahoni sama triplek ada di toko bangunan," ujar Anto.

Namun yang paling susah menurut Anto adalah mencari kayu untuk roda. Sebab, mencari diameter kayu yang pas untuk roda truk terbilang susah.

Mainan truk oleng ini menurut Arif memang bisa berjalan oleng, tidak seperti mainan truk kebanyakan yang hanya bisa berjalan lurus. Ini dikarenakan adanya pegas yang ditambahkan Ari pada bagian roda.

Tonton juga Video: Saat Jokowi Beli Mainan Truk Tangki untuk Jan Ethes

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2