Ada Potensi Gempa, Bupati Banyuwangi Siapkan Sarana-Prasarana Mitigasi Bencana

Ardian Fanani - detikNews
Jumat, 05 Mar 2021 16:02 WIB
Bupati Banyuwangi Siapkan Sarana-Prasarana Mitigasi Bencana
Bupati Banyuwangi dan Kepala BMKG (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dan Bupati Banyuwangi membahas potensi, risiko, dan mitigasi bencana di kawasan Pantai Selatan Jawa. Pertemuan yang dilakukan Kamis (4/3/2021) malam diharapkan masyarakat tetap mewaspadai potensi dan risiko terjadinya gempa besar.

Tentu saja dengan mempersiapkan jalur evakuasi ke daerah yang dianggap aman, terutama di ketinggian. BMKG merekomendasikan pemerintah daerah untuk meningkatkan mitigasi.

"Kajian kami, di Indonesia, di kawasan selatan Jawa Timur, terjadi peningkatan aktivitas kegempaan dalam 5 tahun terakhir," kata Rita, sapaan akrab Dwikorita.

Menurut mantan Rektor UGM tersebut, dalam 5 tahun terakhir potensi gempa bumi cenderung meningkat, sehingga menimbulkan potensi gempa yang lebih besar maupun tsunami.

Berdasarkan analisis BMKG, kemungkinan terburuk bisa terjadi gempa berkekuatan M 8,7 dan juga berpotensi tsunami di selatan Jawa Timur. Tidak hanya Banyuwangi berisiko, namun sepanjang pantai selatan.

"Mudah-mudahan itu tidak terjadi, yang penting adalah menyiapkan mitigasinya," kata Rita.

Rita menjelaskan, BMKG dan BPBD Banyuwangi telah meninjau Dusun Pancer, Desa Sumberagung, untuk melihat mitigasi di tempat tersebut. Pancer dipilih karena wilayah ini pernah mengalami bencana tsunami 1994 silam.

"Kami sudah berada di pantai tersebut. Kami melihat, jajaran BPBD Banyuwangi siap, sudah menyiapkan jalur evakuasi, rambu-rambunya terpasang semua. Masyarakat, relawan, dan petugas tampak sekali mereka siaga," ujarnya.