Prof Nidom: Masuknya B117 Karena Bandara Kecolongan

Esti Widiyana - detikNews
Kamis, 04 Mar 2021 17:42 WIB
Ketua Tim Riset Corona dan Formulasi Vaksin dari Professor Nidom Foundation (PNF), Prof dr Chairul Anwar Nidom
Prof Nidom/Foto: Istimewa (Dok Prof Nidom)
Surabaya -

Varian baru Corona B117 asal Inggris itu menjangkiti dua TKI yang baru pulang dari Arab Saudi. Temuan kasus virus Corona varian B117 itu ditemukan di Karawang, Jabar.

Ketua Tim Riset Corona dan Formulasi Vaksin dari Professor Nidom Foundation (PNF), Prof dr Chairul Anwar Nidom mengaku masuknya virus Corona B117 ke Indonesia berarti bandara telah kecolongan. Harus ada SOP yang lebih tegas.

"Sebetulnya masuknya B117 ini karena di bandara kecolongan. Apakah SOP pasti berjalan dengan baik. Kalau yang positif di bandara apa langsung diuji virologinya, siquence dari virus itu. Nggak juga karena mahal," kata Prof Nidom saat dihubungi detikcom, Kamis (4/3/2021).

Jika SOP-nya setiap orang dari luar negeri positif atau negatif harus diisolasi 5 hari, jelas Prof Nidom, dengan 5 hari itu diharapkan bahwa yang tadinya belum muncul virus, jadi muncul saat isolasi.

"Kalau muncul virusnya harusnya diteruskan. Kemudian yang positif PCR 5 hari, harus diperpanjang 14 hari diisolasi supaya virusnya tidak menyebar di tempat nanti kedatangan," tegasnya.

Apa lagi pandemi, lanjut Nidom, dengan pandemi pemikiran harus global. Contohnya di Inggris sudah ada Corona B117, maka Indonesia harusnya siap-siap membuat SOP.

Terlebih nanti jika virus COVID-19 varian dari Afrika Selatan masuk ke Indonesia, hingga varian B117 dengan California masuk ke Indonesia. Ia menyarankan pentingnya ada SOP.

"SOP penting karena menyangkut manivestasi, karena manivestasi virus itu berbeda-beda. Bukan epidemiologi saja yang penting, tapi virologi juga penting. Karakter virus itu penting karena menyangkut masalah obat apa yang cocok, vaksin apa yang cocok dan isolasi. Itu harus evaluasi terus," pungkasnya.

Sebelumnya diketahui, dua warga Karawang terpapar Corona B117. Mereka baru melakukan perjalanan luar negeri.

Simak Video: Indonesia Kendor, Virus Corona B117 Pun Masuk

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)