Erick Thohir Tunjuk Said Aqil Jadi Komut PT KAI, Ini Kata PWNU Jatim

Amir Baihaqi - detikNews
Kamis, 04 Mar 2021 17:30 WIB
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj (kedua kanan) didampingi Wakil Ketua Umum Maksum Mahfudz (kanan), Ketua Abdul Manan Ghoni (kiri) dan Ketua Robikin Emhas (kedua kiri) memberikan pernyataan sikap tentang kasus perairan Natuna di gedung PBNU, Jakarta, Senin (6/1/2020).
Ketum PBNU Said Aqil Siradj (Foto: Agung Pambudhy)
Surabaya -

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj ditunjuk menjadi komisaris utama sekaligus komisaris independen PT KAI (Persero). Said Aqil ditunjuk langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

PWNU Jatim menyebut tidak ada masalah terkait dengan penunjukan Said Aqil sebagai komisaris utama PT KAI. Sebab dari perspektif peraturan organisasi juga tidak ada pelanggaran jika seorang Ketua PBNU menerima jabatan itu.

"Kalau dari perspektif bahwa beliau dari Ketua PBNU diminta menjadi komisaris dan karena itu tidak melanggar AD ART, tidak melanggar peraturan organisasi, ya ndak masalah," terang Wakil Ketua PWNU Jatim KH Abdusaalam Shohib kepada detikcom, Kamis (4/3/2021).

"Apalagi kalau memang itu diminta oleh pemerintah dalam rangka melakukan perbaikan-perbaikan dan ikut menata BUMN supaya nilai-nilai moral dan keagamaan lebih kuat. Menurut saya ya ndak ada masalah," imbuh pria yang akrab disapa Gus Salam itu.

Sedangkan menanggapi pro kontra penunjukan jabatan itu, Gus Salam menyebut hal itu lumrah. Meski begitu, ia mengajak agar tak berprasangka buruk kepada Said Aqil. Karena selain sudah dianggap ulama dan guru, juga memang tidak ada pelanggaran dalam penunjukannya.

"Sesuatu kontroversi itu biasa ya. Mencari kerelaan semua masyarakat itu sesuatu mustahil. Segala sesuatu itu pasti kontroversi. Dan itu menurut saya wajar," tuturnya.

"Kita itu tidak boleh sekali mempunyai perasaan prasangka buruk terhadap guru kita. Atau mempunyai suuzon kepada guru kita sendiri. Dan Kiai Said ini kan sudah kita anggap sebagai guru," tambah Gus Salam.

Simak Video: Daftar Lengkap Komisaris KAI, Termasuk Said Aqil

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2