Banjir di Probolinggo Surut, Warga Mulai Bersih-bersih Lumpur Setebal 10 Cm

M Rofiq - detikNews
Kamis, 04 Mar 2021 14:03 WIB
Banjir 2 Desa Di Kabupaten Probolinggo Surut menyisakan lumpur
Banjir kiriman lereng Bromo menyisakan lumpur (Foto: M Rofiq/detikcom)
Probolinggo -

Banjir kiriman lereng Gunung Bromo dua hari berturut-turut akhirnya surut. Namun banjir kiriman di Probolinggo yang menerjang dua desa di Kecamatan Dringu sejak Senin (1-2 Maret) ini menyisakan lumpur.

Desa Dringu dan Desa Kedung Dalem ini menyimpan lumpur setebal lebih 10 cm. Warga mulai bersih-bersih banjir akibat luapan air dari Sungai Kedung Galeng, dibantu relawan dan petugas gabungan. Akibat banjir Probolinggo yang membawa endapan lumpur ini, membuat tembok dan rumah warga rusak.

"Sudah surut banjir Rabu (3/3/2021) pagi. Tapi banyak rumahnya terdampak banjir, banyak tembok rumah jebol diterjang arus banjir, dan material endapan lumpur masuk ke rumah-rumah dan jalanan tertutup lumpur," kata Tutik (45) warga Desa Dringu, Kamis (4/3/2021).

Selain bersih-bersih, warga juga mencuci harta benda dan barang elektronik yang dimiliki. Bahkan motor-motor warga terpaksa dibawa ke bengkel untuk diperbaiki.

Hal senada diungkapkan Samse (45). Warga Desa Kedung Dalem berharap pemerintah memperbaiki tanggul jebol dan Sungai Kedung Galeng ditinggikan. Sehingga, di sepanjang bantaran sungai desanya tidak meluap saat hujan deras.

"Warga hanya minta tanggul dan plengsengan Sungai Kedung Galeng dibangun dan ditinggikan. Karena sudah menjadi langganan banjir setiap tahun dan setiap memasuki musim hujan selalu membuat ketakutan hati warga. Bahkan barang berharga dititipkan ke rumah keluarga lain, agar aman dari ancaman banjir seperti ini," jelas Samse.

Sementara peringatan dini cuaca dari BMKG 3 harian, sejak 3 - 5 Maret 2021, terpantau wilayah Kabupaten Probolinggo akan terjadi hujan intensitas sedang hingga deras disertai petir dan angin kencang sesaat.

Simak juga Video: Baru Juga Surut, Banjir Kembali Terjang 2 Desa di Probolinggo

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)