Setahun Corona, Empat Kepala Daerah di Jatim Meninggal Positif COVID-19

Faiq Azmi - detikNews
Selasa, 02 Mar 2021 13:57 WIB
Poster
Ilustrasi Coviud-19 (Foto: Edi Wahyono)
Surabaya -

Pandemi COVID-19 telah terjadi selama 1 tahun di Indonesia. Virus kemudian menyebar, dan kasus pertama COVID-19 di Jatim tercatat pada 17 Maret 2020. Hingga setahun Corona di Indonesia, ada empat kepala daerah di Jatim yang meninggal dunia positif COVID-19. Ini detailnya:

1. Plt Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin

Dimulai dari Plt Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin. Pria yang akrab disapa Cak Nur itu meninggal pada Sabtu (22/8/2020) di RSUD Sidoarjo.

Dirut RSUD Sidoarjo dr Atok Irawan menceritakan kronologi meninggalnya pria yang juga Wakil Bupati Sidoarjo. Menurutnya, almarhum sudah mengalami keluhan demam dan badan panas sejak sepulang dari Jakarta dan minta diperiksa. Pihak RSUD Sidoarjo kemudian melakukan pemeriksaan paru dengan foto thorax.

Pada Kamis (20/8), dari hasil foto thorax Cak Nur, terdapat pneumonia. Pihak RS sempat meminta Cak Nur dirawat, namun ditolak. Sebabnya, akan ada paripurna di DPRD Sidoarjo. Cak Nur memutuskan tidak rawat inap dan memilih rawat jalan.

Kemudian, pada Sabtu (22/8) pagi, Cak Nur meminta rawat inap dan diopname di RSUD Sidoarjo. Hasil swabnya, menunjukkan positif COVID-19. Tetapi, pada pukul 15.00 WIB, Cak Nur dinyatakan meninggal dunia setelah dirawat secara intensif.

2. Bupati Situbondo Dadang Wigiarto

Bupati Situbondo Dadang Wigiarto meninggal dunia pada Kamis (26/11/2020) di RSUD dr Abdoer Rahem Situbondo, sekitar pukul 16.30 WIB.

Sebelum meninggal dunia, kondisi Bupati Dadang Wigiarto yang terpapar COVID-19 terus memburuk. Bahkan, sempat ada rencana dirujuk ke RSU dr Soetomo Surabaya. Namun rencana ini tak dilaksanakan karena kondisi almarhum semakin drop, hingga akhirnya meninggal dunia.

Dadang meninggal usai 3 hari melawan COVID-19. Sekda Pemkab Situbondo, H Saifullah menyebut Dadang memiliki riwayat hipertensi. Kondisi Dadang sendiri saat dirawat, saturasi oksigennya sempat drop dan menggunakan ventilator. Pada Kamis (16/11), setelah 3 hari melawan COVID-19, Dadang menghembuskan nafas terakhirnya.

Simak video 'Kilas Balik Setahun Covid-19 di Tanah Air':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2