5 Kecamatan di Kabupaten Probolinggo Banjir, Seorang Warga Digigit Ular

M Rofiq - detikNews
Minggu, 28 Feb 2021 11:45 WIB
5 Kecamatan di Kabupaten Probolinggo Banjir
Warga tak bisa beraktivitas diterjang banjir (Foto: M Rofiq/detikcom)
Probolinggo -

BPBD Kabupaten Probolinggo menyebut ada 5 kecamatan banjir. Banjir datang saat hujan deras sejak Sabtu (27/2) malam ini hingga kini belum surut. Ketinggian air bervariasi, mulai 1 hingga 1,5 meter.

Lima kecamatan yang diterjang banjir Probolinggo itu yakni Kecamatan Tegal Siwalan, Kecamatan Leces, Kecamatan Pajarakan, Kecamatan Gending, dan paling parah di Kecamatan Dringu.

"Ada ribuan rumah di dua desa, Desa Kedung Dalem dan Desa Dringu banjir akibat luapan air dari Sungai Kedung Galeng. Petugas BPBD, Tagana dan TNI/Polri membantu warga korban banjir," ujar petugas BPBD Kabupaten Probolinggo, Aries Setyawan, saat dikonfirmasi melalui Ponselnya. Minggu (28/2/2021).

Belum ada laporan korban jiwa akibat banjir, jelas Aries, namun ada seorang warga Dusun Sekolahan, Desa Pajurangan, Kecamatan Gending, digigit ular berbisa langsung dibawa ke RSUD Waluyo Jati Kraksaan, untuk penanganan medis.

Banjir di Probolinggo terjadi sejak kemarin pukul 21.00 WIB sampai sekarang belum surut, karena saat ini air laut sedang pasang, ditambah wilayah lereng Gunung Bromo dan Gunung Argopuro masih hujan.

"Saat enak-enak tidur, tiba-tiba banjir datang dari luapan Sungai Banyu Biru, tidak sempat menyelamatkan barang, hanya bisa menyelamatkan dokumen penting dan baju disimpan di tempat aman," ujar warga Desa Pajurangan, Anis Khoirunisa (43).

Sementara Didik Siswanto Putro, warga Dusun Sekolahan, Kecamatan Gending, akibat banjir dirinya tidak bisa beraktivitas. Warga memilih diam di rumah daripada mengungsi. Mereka khawatir rumahnya didatangi pencuri.

"Warga tidak bisa beraktivitas karena banjir. Sawah-sawah juga terendam banjir," ujar Didik.

Warga berharap petugas memberikan makanan karena stok makanan terendam banjir. Selain itu warga berharap petugas membantu bersih-bersih lumpur saat banjir sudah surut.

Saksikan juga 'Sudah Empat Kali Banjir Rendam Rumah Warga di Pamanukan Subang':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)