Target Vaksinasi Lansia di Jatim 3 Ribu Orang Selama 2 Hari

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 27 Feb 2021 15:47 WIB
gubernur khofifah
Gubernur Khofifah dan Menkes Budi Gunadi Sadikin (Foto: Istimewa)

Meski demikian, Gubernur Khofifah menegaskan bahwa protokol kesehatan ini harus benar-benar dijaga walaupun sudah divaksinasi. Ini penting, untuk mencegah terjadinya peluang untuk penularan COVID-19.

"Jaga jarak, cuci tangan, pakai masker menjadi sesuatu yang penting pada kondisi pelayanan vaksinasi massal seperti ni. Hal ini harus benar-benar dikawal dan dikontrol," tegasnya.

Sementara itu, Menkes Budi Gunadi mengatakan saat ini sedang berlangsung Vaksinasi COVID-19 tahap kedua. Targetnya terdapat 38 juta orang atau 62 juta suntikan hingga akhir Juni 2021. Dari total target tersebut terdiri dari 21 juta diperuntukkan bagi lansia, dan 16 juta diperuntukkan bagi petugas pelayanan publik.

"Targetnya terutama itu lansia, karena mereka adalah orang-orang yang berisiko tinggi. Targetnya direncanakan bisa selesai sampai Akhir Juni 2021," jelasnya.

Karena itu, untuk mendukung vaksinasi bagi lansia, perlu mendapat banyak dukungan dari masyarakat. Tidak hanya dari program pemerintah, tetapi harus menggerakkan modal sosial masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Menkes Budi juga mengapresiasi kolaborasi Gubernur Khofifah bersama Pemkot Surabaya yang telah berhasil mengumpulkan para lansia di Surabaya untuk divaksinasi. Sehingga hal tersebut diharapkan bisa menjadi contoh bagi daerah lain.

"Teman-teman di daerah lain yang memiliki resources, akses , bisa untuk mengajak lansia segera divaksin agar mereka bisa terlindungi dari COVID-19," ajaknya.

Halaman

(iwd/iwd)