Dilantik Wali Kota, Gus Ipul Disebut Khofifah Sebagai Top Mentor

Faiq Azmi - detikNews
Jumat, 26 Feb 2021 16:28 WIB
pelantikan kepala daerah bupati wali kota jawa timur di gedung grahadi
Gubernur Khofifah lantik Gus Ipul/Foto: Istimewa (Trisnadi)
Surabaya -

Gubernur Khofifah Indar Parawansa melantik 17 Bupati-Wali Kota terpilih di Jatim hasil Pilkada Serentak 2020. Salah satu yang dilantik yakni Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf atau akrab disapa Gus Ipul.

Usai melantik, Khofifah memberikan sambutan di depan kepala daerah. Salah satu yang ditekankan Khofifah yakni memaksimalkan Bangga Buatan Indonesia (BBI), Bangga Wisata Indonesia (BWI).

Dalam konteks ini, bagaimana meningkatkan daya tarik wisata sehingga pelaku UMKM bisa mendapat dampak positif. Saat berbicara soal UMKM, Mantan Mensos RI ini menyinggung Gus Ipul sebagai top mentor bagi Bupati dan Wali Kota terpilih lainnya.

"Pelaku UMKM kita di Jatim sesungguhnya ini sebetulnya yang lebih detail Gus Ipul, Pak Wali Kota Pasuruan, lihat ininya (Pelakat/pinnya) lebih banyak dari saya. Artinya perjuangannya sudah panjang gitu. Jadi kalau misalnya kita mau cari mentor tidak susah-susah, para Bupati Wali Kota baru saja yang dilantik, top mentor untuk Bupati Wali Kota," ujar Khofifah di Grahadi usai pelantikan, Jumat (26/2/2021).

Bukan tanpa alasan Khofifah menyebut Gus Ipul top mentor bagi para bupati/wali kota lainnya. Gus Ipul diketahui merupakan Mantan Wagub Jatim 2 periode. Selain itu, juga pernah menjabat sebagai Menteri Negara Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal pada Kabinet Indonesia Bersatu SBY tahun 2004.

Simak juga Video: 26 Februari 2021, Pemerintah Mulai Lantik Kepala Daerah Terpilih

[Gambas:Video 20detik]