Longsor Sempat Tutup Jalur Alternatif Menuju Bromo di Pasuruan

Muhajir Arifin - detikNews
Jumat, 26 Feb 2021 12:16 WIB
Longsor kembali terjadi di Kecamatan Tosari, Pasuruan. Longsor di Desa Podokoyo sempat menutup jalur alternatif menuju Gunung Bromo.
Longsor di Kecamatan Tosari, Pasuruan/Foto: Istimewa
Pasuruan -

Longsor kembali terjadi di Kecamatan Tosari, Pasuruan. Longsor di Desa Podokoyo sempat menutup jalur alternatif menuju Gunung Bromo.

"Longsor terjadi tadi malam pukul 19.00 WIB, akibat hujan sejak pagi," kata Camat Tosari, Hari Hijroh Saputro, Jumat (26/2/2021).

Hari mengatakan, longsor menyebabkan 4 pohon berdiameter 30 sentimeter dengan ketinggian 20 meter roboh. Pohon-pohon itu melintang ke jalan dan menyebabkan jalur alternatif ke Bromo via Tutur-Purwodadi tertutup.

"Tadi malam sebagian material sudah kita evakuasi biar bisa dilewati kendaraan. Baik roda 2 dan maupun roda 4," jelas Hari.

Meski jalur tersebut sudah bisa dilalui, namun material longsor masih belum dievakuasi. Pihaknya mengerahkan alat berat.

"Alat berat sudah disiapkan, tinggal menunggu eksekusi. Meski jalan sudah bisa dilalui, tapi material longsor masih belum dievakuasi," jelasnya.

Menurutnya, kawasan Tosari rawan longsor di Pasuruan. Masyarakat dan wisatawan diimbau terus waspada.

"Sering longsor, kondisi sekarang sedang tak menentu, tahun kemarin nggak kayak gini. Rata-rata longsor di akses jalan," pungkas Hari.

(sun/bdh)