17 Kepala Daerah Jawa Timur Akan Dilantik, Khofifah Ingatkan Tak Bawa Massa

Faiq Azmi - detikNews
Jumat, 26 Feb 2021 07:24 WIB
Gladi Bersih Pelantikan Kepala Daerah di Grahadi pada Rabu (24/2)
Gladi bersih pelantikan kepala daerah Rabu 24 Februari (Foto: Faiq Azmi/detikcom)
Surabaya -

Sebanyak 17 Bupati/Wali Kota terpilih hasil Pilkada Serentak 2020 di Jawa Timur akan dilantik hari ini, Jumat (26/2/2021). Pelantikan dilakukan dalam tiga sesi dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Pelantikan kepala daerah kali ini digelar secara hybrid. 17 Bupati/Wali Kota akan dilantik secara langsung Gubernur Khofifah di Gedung Negara Grahadi. Sedangkan, untuk para pimpinan Forkopimda Kabupaten/Kota, akan mengikuti pelantikan secara virtual di daerahnya masing-masing.

Pelaksanaan pelantikan ini sesuai dengan SE Kemendagri. Untuk itu, pihaknya memastikan bahwa pelantikan tersebut digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

"Kami akan memastikan bahwa pelaksanaan pelantikan Kepala dan Wakil Kepala Daerah akan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat," kata Gubernur Khofifah di Gedung Grahadi, Surabaya, Kamis (25/2/2021) malam.

Selain itu, Pemprov Jatim juga menyiapkan akomodasi berupa bus bagi kepala daerah yang akan dilantik dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Akomodasi ini nantinya untuk mengantar kepala daerah beserta wakilnya berangkat dari hotel menginap menuju ke Gedung Negara Grahadi Surabaya, pada saat hari pelaksanaan.

Simak juga video 'Jokowi Lantik Gubernur-Wagub Sumbar, Kepri, dan Bengkulu':

[Gambas:Video 20detik]