Cek PPKM Mikro di Jombang, Ini Temuan Forkopimda Jatim

Enggran Eko Budianto - detikNews
Kamis, 25 Feb 2021 11:03 WIB
Gubernur bersama Pangdam V Brawijaya dan Kapolda Jatim mengecek PPKM Mikro di Kabupaten Jombang. Salah satunya ke desa yang keluar dari zona merah setelah PPKM mikro.
Forkopimda Jatim di Jombang/Foto: Istimewa
Jombang -

Gubernur bersama Pangdam V Brawijaya dan Kapolda Jatim mengecek PPKM Mikro di Kabupaten Jombang. Salah satunya ke desa yang keluar dari zona merah setelah PPKM mikro.

Pengecekan dilakukan Forkopimda Jatim pada Rabu (24/2) malam. Gubernur Khofifah Indar Parawansa bersama Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto datang langsung ke posko PPKM Mikro di Desa Candimulyo, Kecamatan Jombang.

Sejumlah anggota Forkopimda Jombang mendampingi pengecekan ini. Yakni Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho bersama Bupati dan Dandim 0814. Mereka mengecek ketersediaan ruang isolasi, lumbung pangan hingga tenaga tracer dan tester di posko PPKM Mikro Desa Candimulyo.

"Alhamdulillah di desa ini sudah bebas zona merah, bebas zona oranye, tinggal satu RT zona kuning, selebihnya sudah hijau," kata Gubernur Khofifah melalui rilis yang diterima detikcom, Kamis (25/2/2021).

Ia menjelaskan, kemajuan penanganan COVID-19 di Desa Candimulyo menjadi salah satu bukti keberhasilan PPKM Mikro. Data yang dirilis Polres Jombang, kampung ini sempat menjadi zona merah karena 70 warganya terinfeksi virus Corona. Terdiri dari 57 pasien sembuh, 8 pasien meninggal dunia, serta 5 pasien dalam perawatan.

"Menjaganya (zona hijau) harus lebih waspada dan lebih ketat. Tetap memakai masker, tetap mencuci tangan, tetap jauhi kerumunan harus terus diingatkan ke semua warga di area ini," terang Khofifah.

Sejak Rabu (24/2), kata Khofifah, tidak ada lagi daerah di Jatim yang masuk zona merah. Kabupaten Jombang yang menjadi zona merah lebih dari dua pekan terakhir, juga sudah menjadi zona oranye atau wilayah dengan risiko sedang penyebaran COVID-19.

"Tetapi saya ingin mengingatkan kepada kita semua, zonasi itu dinamis, setiap Selasa diupdate. Tentu yang sudah terbebas dari zona merah kami berharap semuanya menjaga. Kenapa Pak Pangdam, Pak Kapolda terus melakukan kunjungan ke posko desa yang menjadi sentra PPKM Mikro, ini untuk bisa mendetailkan lagi intervensi yang lebih efektif," terangnya.

Selain itu, Forkopimda Jatim juga meninjau lokasi PPKM Mikro di Kelurahan Kepanjen, Kecamatan Jombang. Mereka menyalurkan bantuan untuk posko di Desa Candimulyo dan Kelurahan Kepanjen. Bantuan tersebut berupa 2 ton beras, 5.000 masker, 75 dus mi instan dan 200 liter minyak goreng.

(sun/bdh)