Produk UMKM Bondowoso Lolos Kurasi untuk Dijual di Pesawat

Chuk Shatu Widarsha - detikNews
Selasa, 23 Feb 2021 10:06 WIB
Produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Bondowoso lolos kurasi sales on board (SOB) Garuda Indonesia. Sehingga bisa dipajang dan dipasarkan di pesawat.
Pelaku UMKM di Bondowoso/Foto: Chuk Shatu Widarsha/detikcom
Bondowoso -

Produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Bondowoso lolos kurasi sales on board (SOB) Garuda Indonesia. Sehingga bisa dipajang dan dipasarkan di pesawat.

Lolosnya produk UMKM unggulan Bondowoso itu setelah melalui kurasi di hadapan kurator dari aerowisata catering service (ACS), maskapai penerbangan plat merah itu.

Dalam kurasi itu, ada 45 produk UMKM di Jawa Timur yang dipresentasikan. Mulai dari produk makanan, minuman, hingga suvenir.

"Alhamdulillah, beberapa produk dari Bondowoso lolos sales on board. Atau bahasa gampangnya adalah memajang dan menjual produk di atas pesawat terbang," papar Kepala Dinas Koperindag Bondowoso, Sigit Purnomo saat dikonfirmasi di kantornya, Selasa (23/2/2021).

Sigit menambahkan, ini merupakan capaian terbaik dari pelaku UMKM di Bondowoso. Yakni berkesempatan memajang dan memasarkan produknya di pesawat. Kendati untuk tahap awal hanya 6 bulan.

"Semoga ke depannya akan makin banyak produk usaha mikro yang mampu berkiprah di luar," terang Sigit.

Dalam data yang dihimpun, kurasi itu dalam acara Pesona Indonesia Expo yang digelar di Surabaya, pertengahan Februari kemarin. Pesertanya merupakan para pelaku UMKM yang tersebar di Jawa Timur.

Produk UMKM asal Bondowoso yang dapat menembus sales on board di Garuda Indonesia itu yakni kopi Ijen-Raung, tape crispy, serta sebuah produk asesoris dengan karya seni.

Produk tersebut merupakan hasil karya warga Bondowoso. Mereka kemudian mendapat sertifikat lolos kurasi dari manajemen sales on board ACS maskapai penerbangan milik pemerintah itu. Selanjutnya mereka akan dikontrak memajang dan menjual produknya di pesawat maupun di lounge.

(sun/bdh)