Pabrik Cat di Mojokerto Ludes Terbakar

Enggran Eko Budianto - detikNews
Senin, 22 Feb 2021 08:41 WIB
Pabrik cat kayu PT Bina Maju di Mojokerto ludes terbakar. Banyaknya bahan kimia di lokasi membuat pemadaman api membutuhkan waktu hingga 6 jam.
Pabrik cat yang terbakar/Foto: Enggran Eko Budianto
Mojokerto -

Pabrik cat kayu PT Bina Maju di Mojokerto ludes terbakar. Banyaknya bahan kimia di lokasi membuat pemadaman kebakaran membutuhkan waktu hingga 6 jam.

Pabrik tersebut berada di Jalan Jayanegara, Desa Banjaragung, Kecamatan Puri. Warga setempat Subekti (31) mengatakan, api terlihat mulai sekitar pukul 02.00 WIB.

Api membakar dua gudang PT Bina Maju untuk membuat sekaligus menyimpan hasil produksi cat kayu. Di dalamnya banyak bahan kimia mudah terbakar, seperti tiner.

"Awalnya ada suara ledakan di bagian belakang gudang, lalu api membesar," kata Subekti kepada wartawan di lokasi kebakaran, Senin (22/2/2021).

Kobaran api dengan cepat membakar seluruh bagian dua gudang tersebut. Petugas pemadam kebakaran (PMK) terpaksa menjebol pintu gudang yang terkunci. Beruntung tidak ada satu orang pun di dalam gudang yang terbakar.

Sedikitnya 10 mobil PMK diterjunkan ke lokasi untuk memadamkan api. Namun, hingga pukul 08.00 WIB, kebakaran belum bisa benar-benar dipadamkan. Lamanya pemadaman karena banyaknya bahan kimia di lokasi.

"Penyebab kebakaran belum kami ketahui karena masih proses pemadaman," kata Kepala BPBD Kabupaten Mojokerto Muhammad Zaini.

Lihat juga video 'Kebakaran Sejumlah Rumah di Tambora Jakbar, 8 Unit Damkar Meluncur':

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)