Dua Titik di Lereng Gunung Lawu Ngawi Rawan Longsor

Sugeng Harianto - detikNews
Jumat, 19 Feb 2021 23:09 WIB
polres ngawi
Kapolres Ngawi mengecek titik rawan longsor di lereng Gung Lawu (Foto: dok. Polres Ngawi)
Ngawi -

Lereng Gunung Lawu di sisi utara Ngawi ditemukan dua titik rawan longsor. Dua titik wilayah rawan longsor tersebut yakni di Kecamatan Sine dan Jogorogo.

"Untuk daerah rawan longsor di Ngawi ada dua titik yang merupakan lereng Gunung Lawu di bagian sisi utara. Dua titik masuk di dua Kecamatan yakni Sine dan Jogorogo," ujar Kapolres Ngawi AKBP I Wayan Winaya saat dikonfirmasi wartawan usai cek lokasi, Jumat (19/2/2021).

Untuk wilayah kecamatan Sine, kata Winaya, titik rawan longsor yakni di Desa Hargosari. Sementara di Kecamatan Jogorogo ada di Desa Girimulyo. Atas temuan darah rawan longsor tersebut, Forkompinda Ngawi melaksanakan musyawarah bersama FGD dengan persiapan dini sebelum terjadi bencana longsor.

"Kita bersama Forkompinda telah melaksanakan FGD bersama BPBD, Basarnas, sukarelawan SAR dan TNI untuk mengecek perlengkapan SAR dan peralatan dapur umum," kata Winaya.

"Kita juga menyiapkan personel Polri, TNI dan BPBD yang siap digerakkan jika terjadi bencana," imbuhnya.

Lebih rinci Winaya menyebutkan bahwa titik rawan longsor yang harus diwaspadai bersama, yakni tepatnya masuk BKPH Lawu Utara, KPH Lawu DS di Petak 34 A. Atau tepatnya Dusun Karanganyar Desa Girimulyo Kecamatan Jogorogo.

"Kalau yang di Desa Hargosari Kecamatan Sine petak 8A. Saya harap warga juga selalu waspada dan jangan panik," tandas Winaya.

(iwd/iwd)