Balita 3 Tahun di Banyuwangi Tewas Tenggelam Terseret Arus Selokan

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 17 Feb 2021 20:26 WIB
balita tewas tenggelam
Lokasi kejadian (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi - Seorang balita usia 3 tahun tewas tenggelam di saluran air di depan rumahnya. Balita itu ditemukan tewas setelah terseret sekitar 8 meter dari lokasi awal korban bermain air.

BU (3) ditemukan warga dan saudaranya sudah tak bernyawa sekira pukul 14.00 WIB. Peristiwa itu mengagetkan warga Desa Kampunganyar, Glagah Banyuwangi.

"Kami terima laporan ada balita tewas tenggelam di saluran got. Kita langsung mendatangi TKP. Dan ternyata benar," ujar Kapolsek Glagah, AKP Imron kepada wartawan, Rabu (17/2/2021).

Informasi yang didapat polisi, sekitar pukul 13.00 WIB, korban bermain di saluran air itu bersama kakaknya, MW (12) dan dua orang temannya yang lain. Saat kejadian, debit saluran air itu sedang bertambah dengan kedalaman mencapai 50 cm.

Setengah jam kemudian, MW dan dua temannya memilih bermain di pinggir jalan yang lokasinya terpisah dengan lokasi korban bermain. Sehingga saat itu korban bermain sendirian di saluran air tersebut.

"Sekira pukul 14.00 WIB kakak korban melihat korban dalam keadaan tenggelam dengan posisi tertelungkup di saluran air," jelasnya.

Menurut Imron, lokasi korban ditemukan berjarak sekitar 8 meter dari lokasi awal korban bermain air. Saat ditemukan korban dalam posisi kaki tersangkut di pipa air. Selanjutnya, kakak korban berteriak meminta tolong sambil berlari ke dalam rumah untuk memberitahu ibunya.

"Selanjutnya ibu korban bersama tetangganya mengangkat dan mengevakuasi korban ke dalam rumah," jelas Imron.

Berdasarkan keterangan saksi, lanjutnya, saat ditemukan, dari mulut dan hidung korban tampak mengeluarkan busa. Korban sempat dilarikan ke Klinik yang terdekat dari lokasi kejadian. Namun berdasarkan keterangan petugas di klinik yang menangani, saat itu korban sudah dalam keadaan meninggal dunia.

Setelah mendapatkan laporan kejadian tersebut petugas langsung mendatangi lokasi. Saat datang ke TKP, petugas Kepolisian juga menghadirkan dokter dari Puskesmas Paspan. Berdasarkan hasil pemeriksaan luar yang dilakukan petugas medis, balita itu tewas tenggelam.

"Tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan pada tubuh korban," pungkasnya. (iwd/iwd)