Puluhan Penyintas COVID-19 Blitar Gagal Donor Plasma Konvalesen, Ini Penyebabnya

Erliana Riady - detikNews
Rabu, 17 Feb 2021 12:20 WIB
PMI Kabupaten Blitar
PMI Kab Blitar (Foto: Erliana Riady/detikcom)
Blitar -

Puluhan penyintas COVID-19 di Kabupaten Blitar gagal menjadi pendonor plasma konvalesen. Mereka tidak lolos skrining karena antibodinya sangat rendah.

Kepala Unit Donor Darah PMI Kabupaten Blitar dr Christine Indrawaty memaparkan, puluhan penyintas COVID-19 ini sebenarnya berniat membantu pasien positif aktif yang masih dirawat di rumah sakit. Namun mereka tidak lolos dalam skrining sebagai syarat pendonor plasma darah konvalesen.

"Kami di sini skrining awal ya, kalau lolos skirining di sini baru kami antar ke Malang atau Kediri karena di sini belum ada mesinnya. Ternyata dari lima penyintas COVID-19, semuanya tidak lolos karena kadar titernya sangat rendah," jelas Christine kepada detikcom, Selasa (17/2/2021).

Prinsip donor plasma konvalesen, lanjut dia, di dalam plasma darah ada antibodi yang diproduksi jika seseorang terserang penyakit. Untuk calon pendonor, maka kadar antibodi titer ini harua diukur dulu. Ada syarat yang bisa diterima sebagai pedonor kalau plasmanya ditransfusikan kepada pasien COVID-19.

Itu harapannya, antibodi yang sudah terbentuk dan banyak jumlahnya langsung berperan membantu pasien untuk melawan virus Corona. Bagi pendonor plasma konvalesen yang bisa diterima, harus memiliki kadar titer antibodi minimal 1:160 dan idealnya 1:320.

Selanjutnya
Halaman
1 2