Museum SBY di Pacitan Nantinya Seperti Museum Soekarno di Blitar

Purwo Sumodiharjo - detikNews
Rabu, 17 Feb 2021 11:50 WIB
Museum sby di pacitan
Gambar Museum SBY di Pacitan (Foto: Istimewa)
Pacitan -

Keberadaan Museum SBY di Pacitan diyakini akan memperkaya khazanah wisata edukasi dan sejarah. Museum juga diproyeksikan menjadi obyek wisata baru yang memperkaya wisata alam yang ada.

Warga Kelurahan Baleharjo, Khoirul Amin (41) bahkan menyamakan Museum SBY*ANI nantinya seperti Museum Soekarno atau Bung Karno di Blitar. Baik SBY dan Bung Karno sama-sama sosok presiden dan tokoh internasional.

"Ikonik pasti. Dan tidak dimungkiri mungkin itu akan jadi destinasi wisata unggulan ke depan. Seperti di Blitar ada museum dan makam Bung Karno," kata Khoirul saat dikonformasi, Rabu (17/2/2021).

Khoirul mengakui ketokohan SBY cukup membanggakan masyarakat Pacitan. Seperti diketahui, Presiden RI dua periode itu lahir di Kota 1001 Gua 72 tahun silam. Sehingga wajar masyarakat memiliki kebanggaan tersendiri.

"Ya sebagai bentuk rasa kebanggaan mungkin dengan adanya museum itu juga menjadi kebanggaan kita nantinya juga menjadi salah satu alternatif wisata yang baru," tambahnya.

Pandangan serupa juga disampaikan Eni Setyowati (41), warga Desa Kayen. Secara pribadi dirinya tidak mengkultuskan tokoh tertentu, termasuk SBY. Hanya saja keberadaan museum diperlukan sebagai bukti sejarah.

Terlebih sebagai putra daerah Pacitan perjalanan karir SBY cukup gemilang. Bahkan hingga menempati posisi tertinggi sebagai Presiden RI selama dua periode.

Selanjutnya
Halaman
1 2