Meski Pandemi COVID-19, Penyandang Disabilitas Blitar Masih Mampu Berkarya

Erliana Riady - detikNews
Selasa, 16 Feb 2021 08:03 WIB
Pandemi, Tak Halangi Penyandang Disabilitas Blitar Tetap Berkarya
Disabilitas ini mampu berkarya di tengah pandemi (Foto: Erliana Riady/detikcom)
Blitar -

Lia Dwi Purwanti, sosok penyandang disabilitas yang terus maju mendobrak batas. Pandemi COVID-19 pun tak menghalanginya untuk tetap berkarya.

Meja sederhana berukuran 1x2 meter itu, menjadi tempatnya menuangkan kreativitas. Berbagai peralatan menjahit termasuk mesin jahit manual, selalu menemani mengekplorasi ide-ide segarnya merajut boneka.

Ya, warga Desa Butun, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, ini sangat lihai membuat kerajinan boneka rajut dari Jepang, yakni Amirugumi. Boneka mulai ukuran mini hingga maksi ini adalah hasil tangan terampil penyandang tuna rungu ini.

Ketrampilan merajut Lia itu didapat saat duduk di bangku Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB) pada 2011. Kala itu, merajut menjadi salah satu materi ketrampilan pembelajaran para siswa. Lia begitu tekun mempelajarinya.

Selepas lulus SMA, ketrampilannya merajut itu terus diasah. Berbagai karya dari seni merajut itu dihasilkan. Semua hasil karya boneka rajut yang dibuatnya itu ternyata tidak asal-asalan. Ada perhitungan rumusnya terlebih dulu agar boneka yang dihasilkan baik

"Memang ada ilmunya. Di sekolah diajari itu. Biasanya digambar sketsanya dulu baru dihitung, ada rumusnya," kata Windya Wahyuningsih, adik Lia menterjemahkan bahasa isyarat yang diungkapkan sang kakak, Selasa (16/2/2021).

Simak juga video 'Satgas: Indonesia Ditargetkan Bebas Corona 17 Agustus:

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2