Cara Berbeda Kampung Pecinan Tambak Bayan Rayakan Imlek Saat Pandemi COVID-19

Faiq Azmi - detikNews
Jumat, 12 Feb 2021 16:07 WIB
Kampung Tambak Bayan Rayakan Imlek di Tengah Pandemi COVID-19
Imlek di Kampung Tambak Bayan saat pandemi (Foto: Faiq Azmi/detikcom)
Surabaya -

Perayaan Tahun Baru Imlek 2572 pada hari ini, Jumat, 2 Februari 2021, berbeda dari tahun sebelumnya. Tidak ada perayaan Imlek seperti barongsai keliling kampung hingga tarian-tarian di Kampung Pecinan tersebut.

Ketua RT 02 Tambak Bayan Tengah, Surabaya, Suseno Karja mengatakan, perayaan Imlek di Tambak Bayang kali ini berbeda, karena situasi pandemi COVID-19.

"Tiap tahun ada barongsai keliling kampung, tarian yang diperankan anak-anak di sini. Pandemi ini gak ada keramaian, kita ikuti aturan pemerintah," ujar Suseno di Tambak Bayan, Surabaya, Jumat (12/2/2021).

Suseno menjelaskan, untuk tahun ini, di Kampung Tambak Bayan tetap merayakan Tahun Baru Imlek. Namun dengan cara yang berbeda.

"Setiap tahun warga bersama komunitas yang ada di Tambak Bayan mengganti mural, agar ada harapan. Pandemi ini semua serba sulit, tetap harus memberikan semangat, tetap bersyukur. Selain mural, di sini juga kita memamerkan arsip-arsip di Tambak Bayan," jelasnya.

Untuk arsip-arsip yang di pajang di Kampung Tambak Bayan sendiri, salah satunya momen perjuangan warga saat menghadapi sengketa tanah dengan pihak Hotel V3.

"Tema kali ini, Re Calling. Artinya 10 tahun lalu, warga di sini menghadapi gugatan di pengadilan soal sengketa tanah. Kita bersama para mahasiswa mengarsipkannya, dan sekarang kita Re Calling, untuk mengingatkan terutama pemerintah, di sini lho ada warga dengan keberadaan seperti kita," ujarnya.

Lihat juga Video: Mengintip Geliat Imlek di Glodok yang Tak Seramai Tahun Lalu

[Gambas:Video 20detik]