Satgas COVID-19 Kota Pasuruan Jemput Pasien OTG yang Isolasi Mandiri

Muhajir Arifin - detikNews
Jumat, 12 Feb 2021 15:24 WIB
Cegah Kluster RT di pasuruan, Satgas Jemput OTG COVID-19 Isolasi Mandiri
Polisi berunding dengan keluarga yang isolasi mandiri (Foto: Istimewa)
Pasuruan -

Satgas COVID-19 Kota Pasuruan menjemput pasien tanpa gejala (OTG) yang melakukan isolasi mandiri di rumah. Mereka dipindahkan ke Rumah Karantina Gradika Praja Kota Pasuruan.

"Total sudah ada tiga orang yang dilakukan penjemputan. Di Kecamatan Purworejo ada dua orang, dan di Kecamatan Bugul Kidul satu orang. Ada yang sempat menolak, tapi kami tegaskan jika menolak ada pidananya," kata Kapolres Pasuruan Kota AKBP Arman, Jumat (12/2/2021).

Penjemputan dan pemindahan pasien OTG untuk mengurangi risiko penularan sehingga bisa memicu klaster keluarga ataupun klaster RT (rukun tetangga). Pasalnya sangat sulit mengawasi pasien tak keluar rumah selama isolasi mandiri.

Cegah Kluster RT di pasuruan, Satgas Jemput OTG COVID-19 Isolasi MandiriSatgas Jemput OTG COVID-19 Isolasi Mandiri/ Foto: Istimewa

"Upaya ini dilakukan untuk mencegah klaster keluarga maupun klaster RT. Kan kita tidak bisa menjamin dia tinggal terus dalam rumah. Dalam rumah saja kan bisa menulari keluarganya," jelas Arman.

Penjemputan pasien COVID-19 yang isolasi mandiri di rumah akan terus dilakukan. Arman meminta semua pihak mendukung upaya tersebut, termasuk perangkat kelurahan atau desa hingga Ketua RT/RW. Apalagi saat ini diberlakukan PPKM mikro.

"Kami koordinasi dengan dinkes. Data pasien dari dinkes. Tak boleh ada lagi pasien yang isolasi mandiri di rumah," pungkas Arman.

Lihat juga Video "Varian Corona Inggris Belum Masuk RI, Satgas: D614 Banyak Ditemukan":

[Gambas:Video 20detik]




(fat/fat)