Kepala Dinas Pariwisata Kota Blitar Positif COVID-19, Kantor Ditutup 6 Hari

Erliana Riady - detikNews
Kamis, 11 Feb 2021 19:25 WIB
Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Pemkot Blitar
Kantor Dinas Pariwisata Kota Blitar (Foto: Erliana Riady/detikcom)
Blitar -

Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Pemkot Blitar terinfeksi COVID-19. Ini diketahui, setelah ngobrol dengan keponakannya yang datang dari Sidoarjo positif COVID-19 terlebih dulu.

Kadisparbud Pemkot Blitar, Tri Iman Prasetyono menceritakan, lima hari lalu dirinya sempat bertemu keponakannya yang datang dari Sidoarjo. Ternyata sepulang dari Blitar, keponakannya dinyatakan positif COVID-19.

Merasa menjadi kontak erat, Tri kemudian meminta saran dari Satgas COVID-19 Kota Blitar. Tak mau hanya menduga, satgas kemudian menyarankan Tri Iman melakukan tes swab PCR.

"Senin (1/2) saya swab. Kemudian hari Rabu (3/2) keluar kalau saya positif. Nah mulai Sabtu (6/2) itu saya sekeluarga sudah isolasi mandiri," jawab Tri Iman dihubungi detikcom, Kamis (11/2/2021).

Namun karena Jumat (5/2) masih masuk, satgas kemudian merekomendasikan agar dilakukan sterilisasi di seluruh ruangan kantor. Sehingga diputuskan, aktivitas kantor ditutup selama enam hari.

"Kalau tracing kontak erat hanya dua pegawai. Tapi kami menilai pentingnya sterilisasi seluruh ruangan kantor. Sehingga kantor kami rekomendasikan tutup mulai Rabu (10/2) hingga Senin (15/2) mendatang," tandas Sekretaris Satgas COVID-19 Kota Blitar, Hakim Sisworo.

Meski hanya dua kontak erat, namun satgas melakukan testing ke 14 pegawai di kantor tersebut. Sambil menunggu hasil swab PCR, satgas meminta mereka melakukan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing.

"Kami apresiasi kejujuran Pak Tri Iman dan kecekatan beliau meminta saran. Sehingga paparan virus Corona tidak makin meluas karena tracing, testing dan treatmen bisa segera kami lakukan," pungkasnya.

(fat/fat)