Komuter Sidoarjo-Gresik Dioperasikan Hari Ini, Penumpang Harus Terapkan Prokes

Faiq Azmi - detikNews
Rabu, 10 Feb 2021 12:00 WIB
Komuter Relasi Sidoarjo-Gresik Dioperasikan
Foto: Tangkapan Layar
Surabaya -

Warga Gresik kini bisa menikmati perjalanan Kereta Api (KA) Komuter Stasiun Sidoarjo dengan Stasiun Indro, Gresik. Perjalanan KA Komuter ini diberlakukan hari ini, Rabu (10/2).

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengatakan, sesuai dengan pemberlakuan Gapeka (Grafik Perjalanan Kereta Api) 2021, akan ada layanan perjalanan KA Komuter relasi terbaru yang menghubungkan Sidoarjo (Stasiun Sidoarjo) dengan Kabupaten Gresik (Stasiun Indro). Penumpang cukup membayar Rp 5.000 untuk sekali perjalanan.

"Di mana perjalanan KA Komuter tersebut dalam sehari berjalan satu kali pulang pergi dengan tarif sebesar Rp 5.000. Relasi ini mulai diberlakukan pada hari ini," ujar Luqman dalam keterangannya, Rabu (10/2/2021).

Luqman menjelaskan, KA Komuter Sidoarjo-Indro dengan nomor 678-679, berangkat dari Stasiun Sidoarjo pukul 10:00 WIB. KA Komuter itu akan tiba di Stasiun Indro, Gresik pukul 12.11 WIB.

Komuter Sidoarjo-Gresik Dioperasikan Hari IniKomuter Sidoarjo-Gresik Dioperasikan Hari Ini/ Foto: Istimewa

Sebaliknya, KA Komuter Indro-Sidoarjo dengan nomor 680-677, akan berangkat dari Stasiun Indro, Gresik pukul 12:40 WIB dan tiba di Stasiun Sidoarjo pukul 14:40 WIB.

"Rangkaian KA Komuter ini terdiri dari 4 gerbong kereta jenis kereta rel diesel Indonesia (KRDI), dengan kapasitas daya angkut sesuai dengan protokol kesehatan sebanyak 186 penumpang," imbuhnya.

PT KAI, lanjut Luqman, mengoperasikan KA Komuter ini tetap dengan menerapkan protokol penyebaran COVID-19 secara ketat. Sehingga para penumpang harus mematuhi persyaratan yang telah ditentukan. Namun, penumpang tidak diwajibkan untuk membawa surat keterangan bebas COVID-19 (Rapid test, antigen).

"Diharapkan dengan adanya pengoperasionalan KA Komuter Relasi Stasiun Sidoarjo-Stasiun Indro ini dapat membantu mobilitas serta membangkitkan perekonomian di wilayah sekitarnya, dengan tetap menerapkan protokol pencegahan COVID-19 secara ketat," pungkasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2