Pasar Pon Trenggalek Diresmikan, Siap Tampung 700 Pedagang

Adhar Muttaqien - detikNews
Selasa, 09 Feb 2021 18:12 WIB
pasar pon trenggalek
Pasar Pon Trenggalek (Foto: Adhar Muttaqien)
Trenggalek - Pembangunan Pasar Pon Trenggalek yang terbakar 2018 lalu akhirnya tuntas 100 persen. Pasar ini siap dioperasikan untuk menampung 700 lebih pedagang.

Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti mengatakan pasar tersebut dibangun dengan konsep gedung hijau, sehingga diklaim lebih hemat energi dan sehat.

Pasar yang dibangun di atas lahan 1,2 hektare ini mampu menampung sekitar 700 pedagang. Tak hanya itu saja, sejumlah fasilitas modern juga disiapkan untuk menunjang operasional pasar, mulai dari lift, 55 kamera pengawas, sistem pemadam kebakaran, hingga guiding block untuk penunjuk arah tuna netra.

"Pasar ini mengimplementasikan konsep gedung hijau," kata Diana saat peresmian pasar melalui video conference dari Jakarta, Selasa (9/2/2021).

pasar pon trenggalekFoto: Adhar Muttaqien

Menurut Diana, Pasar Pon yang dibangun dengan anggaran Rp 69 miliar tersebut telah diserahterimakan ke Pemkab Trenggalek. Selanjutnya operasional hingga pengelolaan pasar menjadi tanggung jawab daerah.

Dirjen Cipta Karya berharap, pasar tersebut dapat dimanfaatkan dan dirawat dengan baik, sehingga mampu mendorong perekonomian di Trenggalek. "Jangan sampai tidak dimanfaatkan, rusak sana-sini tidak dibetulkan," ujarnya.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengaku bersyukur proses pembangunan dapat terlaksana sesuai dengan rencana. Pasar Pon yang terbakar pada Agustus 2018 diharapkan dapat menjadi tonggak perekonomian di Trenggalek.