Dampak Banjir, Pasokan Ikan Air Tawar di Lamongan Turun 30%

Eko Sudjarwo - detikNews
Selasa, 09 Feb 2021 15:01 WIB
pasokan ikan turun karena banjir lamongan
Pedagang di pasar ikan Lamongan (Foto: Eko Sudjarwo)
Lamongan - Banjir yang terjadi di Lamongan ternyata turut mempengaruhi ketersediaan ikan air tawar di Lamongan. Pasokan ikan air tawar mengalami penurunan sekitar 30 persen.

Turunnya stok ikan air tawar di Pasar Ikan Lamongan akibat banjir di kawasan Bengawan Njero Lamongan ini diakui UPT Pasar Ikan Lamongan. Plt. Kepala Pasar Ikan Lamongan Imam Khambali menyebut terjadi penurunan pasokan ikan air tawar sejak banjir melanda kawasan Bengawan Njero. Imam menyebut, banjir yang terjadi di Lamongan tidak hanya merendam permukiman, tapi ribuan hektar lahan tambak juga ikut terendam.

"Karena ada ribuan hektare lahan tambak yang ikut terendam, hal ini membuat pasokan ikan pun mengalami penurunan," kata Imam Khambali kepada wartawan, Selasa (9/2/2021).

Dikatakan Imam, akibat banjir ini pasokan ikan menurun sekitar 30 persen dari biasanya. Saat ini, pasokan ikan air tawar berbagai jenis rata-rata hanya 44 ton per hari. Penurunan pasokan ikan air tawar ini, menurut Imam, sudah terjadi selama lebih dari satu bulan terakhir, tepatnya sejak banjir mulai melanda kawasan Bengawan Njero.

"Sejak banjir, sekitar awal tahun baru lalu karena di beberapa wilayah yang di kawasan dekat Bengawan Njero kan nggak bisa panen," ujarnya.

Meski pasokan ikan mengalami penurunan, Imam menyebut kondisi tersebut tidak terlalu mempengaruhi harga ikan. Secara keseluruhan, harga ikan masih stabil. Imam memperkirakan penurunan pasokan ikan air tawar ke pasar ikan Lamongan masih akan berlangsung selama lahan tambak masih terendam banjir.

"Sekarang kan curah hujan masih tinggi, banjir juga masih belum surut, sehingga banyak petani tambak belum bisa panen," kata Imam.

Saat ini, harga ikan bandeng di tingkatan pengepul berada di kisaran Rp 22.000 per kilogram berisi 4 ekor. Untuk yang satu kilogram isi 7 ekor seharga Rp 18.000, isi 10 ekor Rp 17.000, isi 12 ekor Rp 16.000, isi 15 ekor Rp 15.000, serta Rp 12.000 ikan bandeng yang isi 20 ekor per kilogram.

Sedangkan untuk harga ikan Mujair berada di kisaran Rp 22.000 per kilogram dengan isi 4-5 ekor, udang Rp 50.000 per kilogram isi 100 ekor, serta ikan tombro Rp 15.000 per kilogram.

Tonton juga Video: 6 Mobil dan 22 Motor Terendam Banjir di RSI Sultan Agung Semarang

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)