Aktif Tindak Kejahatan Anak, Polres Mojokerto Diganjar Penghargaan Komnas PA

Enggran Eko Budianto - detikNews
Selasa, 09 Feb 2021 14:32 WIB
polres mojokerto
Polres Mojokerto mendapat penghargaan dari Komnas PA (Foto: Enggran Eko Budianto)
Mojokerto -

Polres Mojokerto aktif menindak tegas para pelaku kejahatan terhadap anak-anak. Ganjarannya adalah penghargaan dari Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA).

Penghargaan untuk Polres Mojokerto diserahkan langsung Sekjen Komnas PA Dhanang Sasongko di Gedung Rupatama Polres Bojonegoro pada Senin (8/2). Hadir pula dalam acara ini Ketua Tim Reaksi Cepat Perlindungan Anak Jeny Claudya Lumowa.

Penghargaan dari Komnas PA diserahkan kepada Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander, Kasat Reskrim Polres Mojokerto AKP Rifaldhy Hangga Putra, serta Kanit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Mojokerto Ipda Dwi Ari. Karena dedikasi dan kerja keras mereka dalam penegakan hukum dan perlindungan anak di Indonesia.

"Penghargaan ini sebagai peningkatan motivasi dan kinerja kami ke depan agar menjadi lebih baik dalam menangani kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak," kata Dony dalam rilisnya ke detikcom, Selasa (9/2/2021).

Mantan Kapolres Pasuruan Kota ini menjelaskan Komnas PA menjadi salah satu lembaga yang berperan besar menyelamatkan anak-anak sebagai generasi bangsa. Oleh sebab itu, diperlukan koordinasi, komunikasi dan kolaborasi yang baik dengan kepolisian dan lembaga lainnya.

"Terjalinnya hubungan koordinasi, komunikasi dan kolaborasi yang baik dapat menyelamatkan anak-anak dan menciptakan generasi yang baik," terang Dony.

Kasat Reskrim Polres Mojokerto AKP Rifaldhy Hangga Putra menyebutkan terdapat 9 kasus kejahatan terhadap anak yang berhasil dia ungkap dalam semester 2 tahun 2020. Bahkan, salah satu kasus adalah perdagangan anak di bawah umur. Korban dijajakan ke para pria hidung belang.

"Persetubuhan atau pencabulan ada 7 kasus, penganiayaan terhadap anak satu kasus dan perdagangan anak satu kasus," tandasnya.

(iwd/iwd)