Peresmian Pasar Legi Ponorogo Diwarnai Demo Pedagang

Charolin Pebrianti - detikNews
Selasa, 09 Feb 2021 13:22 WIB
Peresmian Pasar Legi Ponorogo Diwarnai Demo Pedagang
Foto: Charolin Pebrianti
Ponorogo -

Prosesi peresmian Pasar Legi Ponorogo diwarnai aksi demo pedagang. Puluhan pedagang melakukan aksinya di depan pasar yang baru dibangun dengan biaya Rp 133 miliar.

Ketua Forum Komunikasi Pedagang Kios Pasar Legi Setyo Eko Wahono menjelaskan pihaknya menuntut dikembalikan hak kios miliknya.

"Tuntutannya cuma satu kembalikan hak kami gitu aja, nggak ada lainnya," kata Setyo kepada wartawan, Selasa (9/2/2021).

Setyo menjelaskan awalnya ada 44 kios namun untuk lantai satu di bangunan baru ini hanya ada 34 kios. Dari 34 itu, ada yang dijadikan fasilitas umum.

"Cuma 34 itu diminta untuk dikembalikan ke teman-teman semua, sisanya mengikuti zona lantai 2, 3 dan 4. Sedangkan kami ke-44 pedagang itu siap mengganti dagangannya sesuai zona," ujar Setyo.

Menurutnya, sesuai aturan kementerian perdagangan tahun 2019 fasum yang utama cuma 2, yakni satu keamanan, dua kantor pasar.

"Keamanan itu sudah ada satpam ini, kenapa kok masih minta kios. Yang diutamakan pedagang lama wajib diutamakan," imbuh Setyo.

Sementara menurut Setyo di lantai satu ada 13 kios yang diperuntukkan bank 5 kios, UMKM 4 kios, kejaksaan 1 kios, kepolisian 1 kios dan toko emas 2 kios.

Selanjutnya
Halaman
1 2