Tak Ada Sosialisasi PPKM Mikro, RW di Surabaya Lanjutkan Kampung Tangguh

Tak Ada Sosialisasi PPKM Mikro, RW di Surabaya Lanjutkan Kampung Tangguh

Amir Baihaqi - detikNews
Senin, 08 Feb 2021 18:36 WIB
penyemprotan disinfektan di surabaya
Penyemprotan disinfektan di kampung-kampung (Foto: Amir Baihaqi/detikcom)
Surabaya - Sejumlah RT di Kota Pahlawan mengaku belum menerima sosialisasi atau instruksi terkait pelaksanaan PPKM mikro. Padahal PPKM mikro akan dilakukan, Selasa (8/2/2021).

Ridi Sulaksono, Ketua RW 01 Pancasila Kranggan mengatakan sudah mengetahui PPKM akan diperpanjang. Namun hingga kini pihaknya belum menerima sosialisasi atau instruksi dari pemerintah setempat.

"Belum menerima apapun terkait PPKM. Tapi kami memang selama ini sudah menerapkan protokol kesehatan pada PPKM sebelumya," ujar Ridi kepada detikcom, Senin (8/2/2021).

Ridi mengaku, pada PPKM sebelumnya juga pihaknya sama. Tidak ada sosialisasi atau instruksi apapun. Adapun penerapan protokol kesehatan, merupakan inisiatif dari warga.

"Di wilayah kami ini termasuk tinggi angka COVID-19. Makanya kami inisiatif menerapkan protokol kesehatan sendiri," terangnya.

Namun begitu, lanjut Ridi, di wilayahnya mengakui telah diterapkan program Kampung Tangguh Semeru. Program itu didirikan atas inisiasi tiga pilar.

"Kalau Kampung Tangguh ada. Itu dari 3 pilar. Kami mendapatkan dana Rp 5 juta. Dan kami gunakan untuk pembelian masker, hand sanit dan logistik serta penyemprotan disinfekatan," ujarnya.

Menurut Ridi, karena tidak ada sosialisasi, persiapan PPKM mikro sendiri akan memaksimalkan Kampung Tangguh Semeru selama ini yang telah ada.

"Ya kami optimalkan yang sudah ada saja untuk perpanjangan PPKM," tandas Ridi. (fat/fat)