BMKG Banyuwangi Sebut Sebaran Abu Gunung Raung Menyebar hingga ke NTB

Ardian Fanani - detikNews
Minggu, 07 Feb 2021 22:20 WIB
BMKG Banyuwangi Sebut Sebaran abu Gunung Raung Menyebar hingga ke Lombok NTB
Foto: Tangkapan Layar
Banyuwangi -

BMKG Banyuwangi mendeteksi dari citra satelit jika sebaran abu vulkanik Gunung Raung erupsi hingga ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas III Banyuwangi Dira Utama mengatakan, hal itu teramati dari citra satelit Himawari sekitar pukul 01.00 WIB, Minggu (7/2/2021). Angin membawa abu vulkanik dengan intensitas sangat tipis.

"Memang terpantau di citra satelit sebaran hujan abu Gunung Raung menyebar sampai ke Lombok NTB," ujarnya kepada wartawan.

Hujan abu di Lombok NTB diperkirakan sangat tipis. Karena material yang terbawa angin sangat halus. Sementara di kawasan Kabupaten Banyuwangi adalah material berat dan sedang, yang sempat terbawa oleh angin.

"Sangat tipis di Lombok. Kalau material berat pasti jatuh di sekitar gunung atau Kota Banyuwangi. Makanya ada hujan abu saat ini," tambahnya.

Sebelumnya, sebaran abu vulkanik erupsi Gunung Raung yang terbawa angin hingga di beberapa daerah di Bali. BMKG Banyuwangi mencatat, abu Gunung setinggi 3.332 mdpl itu menyebar hingga Kabupaten Jembrana dan Buleleng, Bali.

Pantauan citra satelit milik BMKG Banyuwangi, sejak pukul 07.00 WIB, Minggu (6/2/2021), sebaran abu vulkanik terbawa angin mengarah ke Timur dan Tenggara.

Sebaran abu ini membuat Bandara Banyuwangi menutup operasionalnya sejak pukul 08.50 hingga pukul 14.50 Wib. Selanjutnya, Bandara Banyuwangi kembali memperpanjang penutupan hingga 6 jam selanjutnya. Sedikitnya, tujuh penerbangan dibatalkan akibat penutupan Bandara Banyuwangi.

Penutupan bandara akibat sebaran abu Gunung Raung juga pernah terjadi pada 2015. Bahkan saat itu, Bandara Juanda, Surabaya; Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Hingga Bandara Lombok juga ditutup akibat sebaran abu Gunung Raung.

(fat/fat)