Abu Vulkanik Gunung Raung Mulai Terasa hingga Kota Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Minggu, 07 Feb 2021 10:20 WIB
Hujan abu erupsi Gunung Raung menyebar ke Banyuwangi kota
Hujan abu di Banyuwangi (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi - Hujan abu erupsi Gunung Raung menyebar ke Banyuwangi kota. Asap sedang hingga tebal membumbung tinggi hingga 1 KM. Masyarakat diminta waspada saat berkendara.

Abu berwarna hitam terlihat di halaman dan kendaraan warga di Kota Banyuwangi, Minggu pagi (7/2/2021).

"Abu vulkanik terlihat di mobil. Warnanya hitam, sejak pagi tadi sudah ada," ujar Arief, warga Tukangkayu, Banyuwangi kepada detikcom.

Dibandingkan pada Jumat malam lalu, abu vulkanik Gunung Raung terlihat lebih nampak. "Ini lebih nampak. Karena kalau Jumat malam lalu itu hanya abu halus, warnanya putih yang kemarin itu," tambahnya.

Hal yang sama diungkapkan oleh Dewo, warga Rogojampi Banyuwangi. Dampak abu vulkanik juga terasa di wilayah Rogojampi dan sekitarnya.

"Rogojampi hujan abu. Kami merasakan sejak subuh tadi," pungkasnya.

Sementara petugas PPGA Raung, Burhan Alethea membenarkan kolom asap Gunung Raung erupsi mencapai 1.000 meter diatas puncak. Asap kawah bertekanan lemah hingga sedang teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal.

"Asap/Abu mengarah ke Tenggara -Timur. Sudah banyak laporan kepada kami. Tadi juga abu juga menghujani kantor PPGA Raung," tambahnya.

Meski demikian, untuk aktivitas vulkanik Gunung Raung setinggi 3.332 mdpl itu tidak banyak perubahan. PPGA Raung mencatat adanya Tremor Menerus (Microtremor) terekam dengan amplitudo 3-20 mm (dominan 6 mm).

"Aktivitas vulkanik biasa saja tidak ada peningkatan. Hanya saja secara visual yang sedikit berbeda," pungkasnya. (fat/fat)