Gatotkaca dan Punakawan Bagi-bagi Masker di Pasar Baru Porong

Suparno - detikNews
Jumat, 05 Feb 2021 15:18 WIB
polresta sidoarjo
Bagong dan Gareng membagikan masker dan mengingatkan warga tentang 5M (Foto: Suparno)
Sidoarjo - Sosialisasi pencegahan COVID-19 di Sidoarjo terus dilakukan. Kali ini melibatkan tokoh pewayangan untuk membagikan masker di Pasar Baru Porong Sidoarjo.

Wayang yang membagikan masker adalah Gatotkaca serta tokoh punakawan seperti Semar, Gareng, Petruk, dan Bagong. Selain membagi masker, mereka juga membawa poster 'Ayo kita tingkatkan 5M'. Mereka juga menempelkan imbauan 'Kawasan wajib bermasker. Pedagang dan Pembeli Wajib Gunakan Masker Yang Benar'.

Kegiatan tersebut guna meminimalisir penyebaran COVID-19. Karena pasar tradisional merupakan salah satu tempat yang rentan penyebaran COVID-19.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Sumardji mengatakan kegiatan pembagian masker seperti ini terus dilakukan agar masyarakat memahami bahayanya COVID-19. Pembagian kali ini dilakukan di pasar tradisional karena di lokasi seperti ini warga sering lupa dengan physical distancing dan lupa memakai masker.

polresta sidoarjoFoto: Suparno

"Dengan menggunakan kostum tokoh pewayangan seperti ini tujuannya untuk menarik perhatian baik itu pedagang dan pembeli. Agar mereka menerapkan protokol kesehatan," kata Sumardji di Pasar Baru Porong, Jumat (5/2/2021).

Sumardji menjelaskan memberikan edukasi protokol kesehatan di pasar tradisional seperti ini sangat penting. Karena mobilitas mereka sangat tinggi. Biasanya terlalu sibuk proses jual beli mereka terkadang lupa tidak menerapkan protokol kesehatan.

Sumardji menambahkan apalagi Pasar Baru Porong Sidoarjo ini merupakan Pasar grosir sayuran yang sangat besar. Pedagang dan pembeli datang dari berbagai kota, seperti Malang, Batu, Probolinggo, Pasukan, Banyuwangi, dan Surabaya. Alangkah baiknya selalu diingatkan tentang bahayanya COVID-19.

"Pedagang atau pembelinya dari berbagai kota. Maka kami wajib mengingatkan harus selalu menerapkan protokol kesehatan," tandas Sumardji.

Dari pantauan detikcom di lokasi, banyak pedagang atau pembeli sempat kaget dengan kehadiran tokoh wayang ini. Mereka mengira ada kejadian sesuatu, karena banyak anggota polisi di lokasi pasar.

"Kami sangat kaget, kok banyak polisi di pasar, kemudian ada tokoh pewayangan, eh ternyata membagikan masker," kata Julianto (29), pedagang sayur asal Malang.

Hal yang sama disampaikan Fatoni (41) pedagang sayur cabai asal Probolinggo yang mengaku sangat senang dengan kegiatan pembagian masker seperti ini. Dengan cara seperti ini teman-teman pedagang memberikan tanggapan yang positif.

"Dengan edukasi seperti ini, teman-teman pedagang sangat apresiasi. Langkah-langkah inilah yang membuat pedagang maupun masyarakat memberikan acungan jempol buat polisi," kata Fatoni. (iwd/iwd)