Polisi Buru Penyebar Video Hoaks Gunung Raung Keluarkan Lahar

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 04 Feb 2021 20:58 WIB
Video Gunung Raung erupsi mengeluarkan lahar panas beredar di media sosial. Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung menyebut video itu hoaks. PPGA membantah lahar Gunung Raung meluber hingga ke rumah penduduk.
Gambar video hoaks yang beredar/Foto: Tangkapan layar
Banyuwangi - Video Gunung Raung erupsi mengeluarkan lahar panas beredar di media sosial. Polisi kini memburu penyebar video yang meresahkan itu.

Polisi dan TNI Banyuwangi juga meminta masyarakat tak termakan hoaks soal Gunung Raung mengeluarkan lahar hingga ke rumah penduduk. Kapolresta Banyuwangi Kombes Arman Asmara Syarifudin mengatakan, pihaknya sedang mendalami penyebaran video yang juga sempat beredar melalui WhatsApp.

"Kami saat ini sedang mendalami video viral katanya lahar erupsi Gunung Raung meluber hingga ke rumah warga," ujarnya kepada detikcom, Kamis (4/2/2021).

Dalam video yang beredar, tampak cahaya api di atas puncak gunung setinggi 3.332 mdpl itu. Video berdurasi 17 detik itu juga diisi dengan suara gaduh masyarakat yang panik untuk menyelamatkan diri.

"Bhabinkamtibmas setempat atau daerah yang mungkin terdampak erupsi Gunung Raung sudah kita minta memberikan informasi yang benar, agar masyarakat tenang. Memang saat ini erupsi, tapi tidak sampai mengeluarkan lahar ke rumah penduduk," tambahnya.

Tentu saja, kata kapolresta, pihaknya bakal menindak tegas pelaku penyebaran hoaks tentang Gunung Raung. "Jika tertangkap maka akan kita proses hukum," tambahnya.

Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Inf Yuli Eko Purwanto menambahkan, akibat video viral itu, masyarakat yang berada di sekitar gunung setinggi 3.332 mdpl itu resah. "Bisa jadi sengaja disebar agar masyarakat gaduh dan mengungsi. Kemudian ada orang yang tak bertanggung jawab menjarah rumah warga. Itu ada kejadian di beberapa bencana di Indonesia," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, video Gunung Raung erupsi mengeluarkan lahar panas beredar di media sosial. Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung membantah jika lahar Gunung Raung meluber hingga ke rumah penduduk.

Petugas PPGA Raung, Burhan Alethea menyebut, video tersebut tidak menggambarkan kondisi Gunung Raung saat ini. "Bukan. Itu bukan kondisi Raung saat ini. Memang erupsi, tapi tidak seperti itu," ujarnya kepada detikcom. (sun/bdh)