DPD dan 36 DPC Demokrat di Jatim Nyatakan Loyal Terhadap AHY

Faiq Azmi - detikNews
Selasa, 02 Feb 2021 11:37 WIB
Plt Demokrat Jatim Emil Elestianto Dardak
Plt Ketua DPD Partai Demokrat Jatim Emil Elestianto Dardak (Foto: Faiq Azmi)
Surabaya -

Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkap adanya upaya kudeta merebut partainya yang melibatkan pejabat di lingkaran Presiden Joko Widodo (Jokowi). Demokrat Jatim menyatakan solid dan satu komando di bawah kepemimpinan AHY.

Kesolidan itu dibuktikan dengan surat pernyataan loyal terhadap kepemimpinan sah AHY dari DPD Demokrat Jatim beserta 36 DPC Kabupaten/Kota di Jatim.

"DPD Jatim solid. DPC di kabupaten/kota semua solid, semua sudah menyerahkan (surat pernyataan)," ujar Plt Ketua DPD Partai Demokrat Jatim, Emil Elestianto Dardak kepada detikcom, Selasa (2/2/2021).

Emil menyebut 36 DPC telah menyerahkan surat pernyataan loyal terhadap AHY. Sedangkan di Jatim ada 38 DPC di tingkat kabupaten/kota. Lalu bagaimana sisa 2 DPC?

"Jadi 36 sudah menyerahkan. Ada dua yang kosong (ketua DPC-nya). Nah kecuali yang kosong ini kita belum menunjuk Plt-nya. Karena (ketua yang lama) ada yang meninggal dunia," terangnya.

Dua DPC yang belum menyerahkan surat pernyataan itu sendiri yakni DPC Demokrat Kota Malang dan DPC Demokrat Kota Probolinggo.

Emil juga menegaskan, bahwa seluruh DPD Demokrat dan DPC Demokrat se-Indonesia loyal terhadap AHY.

"Kan sudah jelas disampaikan di prescon (konferensi pers) Pak Ketum (AHY). Bahwa 34 DPD se-Indonesia sudah menyampaikan surat pernyataan (loyalitas kepemimpinan yang sah) beserta 500-an DPC," ujar Plt Demokrat Jatim, Emil Elestianto Dardak kepada detikcom, Senin (1/2/2021) malam.

Tonton video 'Eks Wasekjen Sebut PD Seperti Ekor Tikus Jika Dipimpin Orang yang Salah':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2