Layanan SAMA RASA Ini Khusus Penyandang Disabilitas di Kota Malang

Muhammad Aminudin - detikNews
Sabtu, 30 Jan 2021 13:50 WIB
Layanan SIM Penyandang Disabilitas di Kota Malang
Foto: Muhammad Aminudin
Malang - Polresta Malang Kota meluncurkan program layanan ramah bagi disabilitas. Pelayanan SAMA RASA (SAtpas MAkota Ramah DiSAbilitas) ini dikhususkan untuk pengurusan SIM D.

Sejak SAMA RASA diluncurkan, belasan penyandang disabilitas terlihat mendatangi Satpas Polresta Malang Kota di Jalan Dr Wahidin, Kecamatan Klojen, Kota Malang, untuk mengurus surat izin mengemudi. Bersamaan, Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata serta Dandim 0833/ Kota Malang, Letkol (Arm) Ferdian Primadhona juga nampak berada di lokasi.

Kehadiran mereka, untuk memberikan dukungan dan perhatian khusus bagi penyandang disabilitas saat pengurusan SIM. Sekaligus membagikan helm gratis kepada penyandang disabilitas yang menjadi pemohon SIM.

"Ini merupakan salah satu program Bapak Kapolri, dalam memberikan layanan bagi disabilitas. Kita namai SAtpas MAkota Ramah DiSAbilitas atau SAMA RASA, layanan khusus pengurusan SIM di Satpas Polresta Malang Kota," ungkap Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata kepada wartawan, Sabtu (30/1/2021).

Terpisah, Kasatlantas Polresta Malang Kota Kompol Ramadhan Nasution menambahkan, SAMA RASA tentunya akan mempermudah warga berkebutuhan khusus terkait permohonan maupun perpanjangan SIM. Dengan jadwal yang sudah ditentukan, penyandang disabilitas bisa datang ke Satpas Polresta Malang Kota, dengan membawa kendaraan sendiri yang telah didesain secara khusus.

"Melalui program SAMA RASA ini, kami akan membantu penyandang disabilitas untuk permohonan dan perpanjangan SIM D. Mulai dari pendaftaran sampai proses permohonan selesai. Penyandang disabilitas bisa datang langsung ke Satpas Polresta Malang Kota, bisa membawa kendaraan sendiri yang telah didesain khusus," imbuh Ramadhan.

Inovasi layanan publik ini mendapatkan apresiasi dari kalangan penyandang disabilitas di Kota Malang. Karena program ini sangat dibutuhkan oleh mereka, terutama dalam permohonan atau perpanjang SIM.

"Saya dan teman-teman difabel menyampaikan terimakasih kepada Bapak Kapolresta dan jajaran serta petugas di pengurusan SIM Satpas Polresta Malang Kota, atas layanan penuh keramahan dalam pengurusan SIM ini," ungkap Koordinator Forum Malang Inklusi, Siswinarsih ditemui wartawan usai pengurusan SIM D di Satpas Polresta Malang Kota.

(fat/fat)