Dua CCTV Dipasang BPBD Probolinggo untuk Awasi Aktivitas Gunung Bromo

M Rofiq - detikNews
Jumat, 29 Jan 2021 18:19 WIB
BPBD Probolinggo memasang dua CCTV untuk memantau aktivitas Gunung Bromo. Dua CCTV tersebut dipasang di puncak Mentigen dan Seruni Point.
Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo, Anggit Hermanuadi/Foto: M Rofiq
Probolinggo -

BPBD Probolinggo memasang dua CCTV untuk memantau aktivitas Gunung Bromo. Dua CCTV tersebut dipasang di puncak Mentigen dan Seruni Point.

"Kita pasang dua kamera CCTV dengan kualitas terbaik, dan bisa berputar arah 360 derajat. Dan hasil kamera bisa menembus kabut, dan nantinya akan terus update kecanggihan bisa merekam saat malam hari dengan zoom, dan hasil visualnya jelas dan bagus," ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo, Anggit Hermanuadi, Jumat (29/1/2021).

"Agar di saat terjadi erupsi, bisa kita pantau terus setiap harinya. Agar dampak dari bencana alam gunung api dari Gunung Bromo, bisa diantisipasi sejak dini," imbuhnya.

Dengan adanya kamera CCTV, nanti hasil laporan bisa dilihat di web resmi BPBD Kabupaten Probolinggo. Jadi masyarakat bisa melihat setiap hari kondisi terkini terlebih dulu, jika ingin berkunjung dan berwisata ke Gunung Bromo.

"Bisa bermanfaat bagi traveling" jelas Anggit.

Pemerintah dan BPBD Probolinggo mengimbau masyarakat maupun pengunjung lebih hati-hati di musim hujan. Sebab, tebing di sepanjang jalan menuju Gunung Bromo rawan longsor.

Kemudian selalu mematuhi imbauan petugas PVMBG (Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi) dan TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru) selaku pengelola wisata Gunung Bromo.

"Wajib patuhi imbauan petugas dari PVMBG dan TNBTS, karena aktivitas salah satu gunung tercantik di dunia fluktuatif, dan radius aman 1 kilometer dari bibir kawah," pungkas Anggit.

(sun/bdh)