30 Ribu Nakes di Jatim Sudah Vaksinasi, Ini Pesan Wagub Emil

Faiq Azmi - detikNews
Jumat, 29 Jan 2021 09:06 WIB
Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak
Foto: Faiq Azmi
Surabaya - Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak telah menjalani vaksin dua kali. Ia mengimbau warga Jatim percaya bahwa vaksinasi aman.

"Warga Jatim monggo dilihat (vaksinasi), ini tenaga kesehatan juga sudah banyak divaksinasi, disetiap kabupaten kota juga sudah mulai vaksinasi, dan kita utamakan nakes dulu," ujar Wagub Emil di Surabaya, Jumat (29/1/2021).

Emil menyatakan proses vaksinasi berjalan aman. Termasuk saat dirinya dua kali telah divaksin. Tidak ada dampak yang ekstrim yang dirasakan.

"Ngantukan beberapa hari (Usai divaksin), antibodi kita lagi ditempa, agak panas, saya pernah mendekati 37,8 derajat. Memang agak tinggi dari biasanya, tapi habis makan hilang. Jadi nggak tau itu antara demam atau lapar. Intinya yang penting suasana batin baik-baik saja," terangnya.

Emil pun berpesan kepada warga Jatim bahwa vaksin aman.

"Nggak ada masalah, badan kita beradaptasi sedikit tapi tidak ada yang sampai mengganggu, kita tetap beraktivitas tetap produktif bahkan pasca vaksinasi. Suntikan pertama kemarin nggak kerasa. Tadi agak kerasa sedikit. Efeknya sekarang ya standar pegel-pegel ngilu, dan itu wajar. Saya sudah selesai 30 menit observasi, dan dianggap baik-baik saja," imbuhnya.

Secara terpisah, Kadinkes Jatim, dr Ferlin Herliana menyatakan sudah ada 30.802 nakes (Termasuk pejabat percontohan) yang telah divaksin.

"Total sudah berjalan dua minggu ada 30.802 orang yang telah divaksin. Atau 16,45 persen dari target tahap pertama. Mayoritas tenaga kesehatan," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2