Satgas COVID-19 Surabaya Assement Ruangan di Kantor Pemprov Jatim

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Senin, 25 Jan 2021 14:46 WIB
assessment kantor gubernur jatim
Satgas COVID-19 saat meng-assessment ruang di kantor Gubernur Jatim (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Surabaya -

Satgas COVID-19 melakukan assement di Kantor Pemprov Jatim di Jalan Pahlawan. Assesment dilakukan untuk mengecek protokol kesehatan di setiap ruang perkantoran.

Petugas Satgas COVID-19 dari Pemkot Surabaya memeriksa setiap ruangan yang berada di kantor Pemprov Jatim.

"Yang menjadi perhatian besar di sini adalah belum adanya petugas satgas (mandiri). Mungkin ada saat event-event tertentu aja. Saya pernah ke sini ada satgasnya. Cuma kalau setiap harinya belum ada. Mungkin itu yang bisa kita sarankan. Karena kantor di sini kerjanya setiap hari, nggak hanya event-event tertentu. Untuk pengecekan suhu tubuh harusnya setiap hari ada," ujar salah satu petugas Satgas COVID-19 Yunisa Prafitrikata kepada wartawan di Kantor Gubernur Jatim, Senin (25/1/2021).

Sedangkan untuk ventilasi, kata Yunisa, menyesuaikan bangunan yang sudah ada. Jika jendelanya kurang dari 10 persen maka bisa ditambahkan alat penambah sirkulasi udara.

"Sepertinya sudah ada (ventilasi), tapi nggak dibuka. Jadi kita sarankan membuka semua pintu, terus kelambunya dibuka, jadi sinar matahari," lanjut Yunisa.

Sementara itu, Sekda Prov Jatim Heru Tjahjono mengatkan assessment ini dilakukan dalam rangka apa betul sudah melakukan desain dalam rangka pencegahan COVID-19.

"Jadi assessment ini kan untuk melihat bahwa apa betul kantor-kantor itu melakukan desain dalam rangka COVID-19, artinya apa ruang-ruang itu harus terbuka, sirkulasinya harus bagus, lha ini tadi kita lihat. Namun demikan assessment jangan hanya sekali, harus dilakukan secara terdessin, entah 6 bulan sekali selama pandemi COVID-19 dan paling penting ruangan harus bersih," ungkap Heru.

(iwd/iwd)