Dua Kapal Tabrakan di Perairan Gresik, 5 ABK Masih Belum Ditemukan

Faiq Azmi - detikNews
Minggu, 24 Jan 2021 21:18 WIB
Dua kapal tabrakan di perairan Gresik pada Sabtu (23/1). Hingga kini, 5 anak buah kapal (ABK) belum ditemukan.
Pencarian 5 ABK yang belum ditemukan/Foto: Istimewa
Surabaya -

Dua kapal tabrakan di perairan Gresik pada Sabtu (23/1). Hingga kini, 5 anak buah kapal (ABK) belum ditemukan.

Dua kapal tersebut yakni kapal motor (KM) Tanto Bersinar dan TB (tug boat) Mitra Jaya XIX yang menggandeng tongkang (TK) Makmur Abadi 5.

"Saat ini kita masih pencarian, dan belum ditemukan (5 ABK yang hilang)," ujar I Wayan Suyatna selaku Kasi Operasi Kantor Basarnas Surabaya, Minggu (24/1/2021).

Wayan menjelaskan, pihaknya sejauh ini telah menemukan bangkai kapal TB Mitra Jaya XIX yang terbalik usai ditabrak KM Tanto Bersinar. TB Mitra Jaya XIX ditemukan terbalik di titik koordinat 6"50.518' S-112"53.743' E usai kecelakaan.

"Tug boat kemarin sudah ditemukan. Rencana akan ditarik ke pelabuhan rakyat terdekat," imbuhnya.

Wayan menambahkan, pihaknya masih akan melakukan pencarian 5 ABK yang belum ditemukan. "Akan ada tim penyelam nanti yang mencari. Sudah diterjunkan di sekitar titik koordinat terjadinya tabrakan dan di titik koordinat bangkai tug boat ditemukan," tambahnya.

Diketahui, kecelakaan dua kapal itu terjadi pada Sabtu (23/1) sekitar pukul 03.30 WIB. Sedangkan lokasinya di area Bouy 3 Perairan Gresik. Akibat peristiwa itu, 5 anak buah kapal (ABK) dilaporkan hilang dan masih dalam pencarian. Sedangkan 5 ABK lainnya berhasil diselamatkan nelayan setempat.

(sun/bdh)