Ada Pendaki Nekat Naik Gunung Arjuna-Welirang Meski Cuaca Buruk

Muhajir Arifin - detikNews
Sabtu, 23 Jan 2021 18:17 WIB
Buka Tutup Jalur Pendakian Gunung Arjuno-Welirang Dilakukan
Gunung Arjuno-Welirang/Foto file: Muhajir Arifin
Pasuruan -

Sejumlah pendaki dilaporkan nekat naik Gunung Arjuno-Welirang. Padahal gunung tersebut secara resmi ditutup akibat cuaca buruk.

Pemangku wilayah Tahura Raden Soerjo meminta pendaki bersabar sampai cuaca kembali kondusif. "Tetap saja ada satu dua yang naik setiap hari, tidak melalui pintu resmi. Kami sekali lagi minta tidak ada kegiatan pendakian," kata Kepala Tahura R Soerjo, Ahmad Wahyudi, Sabtu (23/1/2021).

Para pendaki yang nekat naik tak terdata di pos pendakian. Sehingga bisa menyulitkan semua pihak jika terjadi kecelakaan atau insiden lain menimpa mereka.

"Selama kondisi cuaca belum kondusif dan penyebaran COVID-19 masih tinggi, maka kegiatan pendakian di Gunung Arjuno-Welirang ditutup sampai batas waktu yang belum ditentukan. Diharapkan para pendaki gunung dapat bersabar dan mematuhinya, tidak nekat mendaki melalui jalur-jalur yang tidak resmi karena sangat riskan sekali untuk keselamatan pendaki," terang Wahyudi.

Selama 2020 pendakian Gunung Arjuno-Welirang beberapa kali buka-tutup. Pada awal tahun 2020 pendakian ditutup karena pandemi COVID-19, dan diperpanjang karena kondisi cuaca tak menentu. Pendakian baru dibuka secara bertahap pada 5 September dan 12 Oktober 2020.

Tahura kembali menutup jalur pendakian pada 31 Oktober karena cuaca ekstrem hingga saat ini. Penutupan di seluruh pintu resmi yakni Prigen, Purwodadi, Lawang dan Batu.

(sun/bdh)